Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media crocodile physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya sehingga ditetapkan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan populasi dan sampel serta tes untuk tingkat penguasaan konsep fisika. Analisis data diuji menggunakan analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang besar dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile Physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan energi Di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,77 > 1,99 untuk ) dan (7,77 > 1,66 untuk ) serta uji effec size sebesar 1,94 yang masuk dalam kriteria besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile Physics memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa.

Kata kunci : Besar pengaruh, penguasaan konsep, problem based learning, crocodile physics

Article Details

How to Cite
Juliani, H., Setiawan, I., & Putri, D. H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media crocodile physic terhadap penguasaan konsep fisika materi Usaha dan Energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.85-92

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Nainggolan P, Rohadi N, Risdianto E. Konsep Dalam Pembelajaran Guided Discovery Melalui Eksperimen Pada Alat-Alat Optik. J Kumparan Fis. 2019;2(3):193–200.
  3. suyanto dan asep jihad. menjadi guru profesional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: esensi erlangga group; 2013.
  4. Suryabrata S. psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2014.
  5. Silaban B. Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. J Penelit Bid Pendidik. 2014;20(1):65–75.
  6. Syaribuddin S, Khaldun I, Musri M. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. J Pendidik Sains Indones (Indonesian J Sci Educ. 2016;4(2):96–105.
  7. Vol JP. Http://Efektor.Unpkediri.Ac.Id. 2015;1(3):214–20.
  8. Peran A, Milenial G, Pendidikan M, Sains P, Optik P, Sma DI. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018 Efektifitas Media Elektronik Crocodile Physics Dalam Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018. 2018;3(2):107–13.
  9. Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  10. Widiyanto M. Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex media Komputindo; 2013.
  11. Thalheimer W, Cook S. How to calculate effect sizes from published research : A simplified methodology. 2002;1–9.
  12. Cohen J. Statistical Power Analysis for the behavioral Sciences. New York: Lawrence Erlbaum Associates; 1988.
  13. Dwi IM, Arif H, Sentot K. Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis Ict Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. J Pendidik Fis Indones. 2013;9(1):8–17.
  14. Software P, Physics C, Glbb BB, Kereh CT, Ode W, Sapulette H. DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS. 2020;7(1):64–80.
  15. Rerung,N.,Iriwi L.S. & SWW. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan Hasil Belajar. J Ilm Pendidik Fis Al-BiruNi. 2017;06(April):47–55.
  16. Anugraheni I. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polygot [Internet]. 2018;14(1):9–18. Available from: http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
  17. Muslim I, Halim A, Safitri R. Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri Unggul Harapan Persada. J Pendidik Sains Indones (Indonesian J Sci Educ. 2015;3(2):35–50.
  18. Malik A. Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2015;01(1):9–16.
  19. Gumrowi A. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Gelombang Menggunakan Simulasi Crocodile Physics Pada Model Think- Pair-Share. J Pendidik Fis. 2020;8(1):70.
  20. Trinata kereh cicylia. penggunaan software crocodile physics 6.0.5 dalam pembelajaran fisika materi gerak lurus berubah beraturan. Inov dan pembelajaran Fis. 2020;07:16.
  21. Gumrowi A. Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui Simulasi Crocodile Physics. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2016;5(1):105.