Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penilitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan LKPD berorientasi REACT strategy yang layak dan dapat digunakan pada materi momentum dan impuls; 2) mendeskripsikan karakteristik LKPD berorientasi REACT strategy yang telah dikembangkan pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang akan digunakan untuk pengembangan LKPD berorientasi REACT strategy. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4-D, dimana pada penelitian hanya dilakukan sampai tahap Develop. Berdasarkan hasil uji validasi produk oleh ahli didapatkan skor rata-rata dengan persentase sebesar 73,3% pada aspek media, 84,5% pada aspek materi, dan 80% pada aspek bahasa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD beorientasi REACT strategy yang dihasilkan sudah valid dengan persentase rata-rata sebesar 79,3%. Adapun karakteristik LKPD yang dikembangkan terdapat tahapan-tahapan dari REACT strategy.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, LKPD, REACT strategy, momentum dan impuls.

 

ABSTRACT

 

The research aimed to: 1) produce LKPD  with suitable REACT strategy orientation and can use for momentum and impulses materials; 2) describe LKPD characteristics with REACT strategy orientation that have developed in momentum and impulse materials. This research was a research and development (research and development) with a 4-D model, which was only carried out until the develop stage. Based on the results of the product validation test by experts obtained an avarage score 73,3% for media aspects, 84,5% for material aspects, and 80% for language aspects. Based on these results obtained conclusions that LKPD with REACT strategy orientation that produced is valid with percentage about 79,3%. As for LKPD characteristics that developed discoverd several steps in REACT strategy.

 

Keywords: Research and Development, LKPD, REACT Strategy, Momentum and Impulses.

 

Article Details

Author Biography

Winda Tri Wulandari, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika
How to Cite
Wulandari, W. T., Hamdani, D., & Sutarno, S. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI REACT STRATEGY PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 151–162. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.151-162

References

  1. Noviana S, Connie, Hamdani D. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA.3 SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. J Pembelajaran Fis. 2017;1(1):28–37.
  2. Oktalia Y, Sakti I, Hamdani D. Pengaruh Minat Dan Motivasi Pada Penerapan Model Diskoveri Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. J Ilmu dan Pembelajaran Fis. 2017;1(1):87–95.
  3. Putri DH, Risdianto E, Sutarno. Identifikasi Keterlaksanaan Praktikum Fisika SMA dan Pembelajaran Abad 21. J Petrol. 2013;369(1):1689–99.
  4. Pendidikan TPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Imperial Bhakti Dharma; 2009.
  5. Majid A. Perencanaan Pembelajaran. 2016: Remaja Rosdakarya; 2016.
  6. Widodo S. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS J Pendidik Ilmu Sos. 2017;26(2):189–204.
  7. Putri RA, Marzal J, Pendidikan P, Universitas M. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Berbantuan Robocompass pada Materi Sistem Koordinat Kartesius. 2018;III(1):31–40.
  8. Murlin A, Tawil M, Samad A. Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. 2017;3(2):176–86.
  9. Ningrum E. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: Purba Setia; 2013.
  10. Kristiana Dewi N, Siti Aminah N, Sukarmin S. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Dan Kreativitas Siswa. Inkuiri. 2016;4(2):47–56.
  11. Yudiprasetya IDP, Suarni N kt, Rati NW. Pengaruh Strategi REACT dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. 2014;2(1):1–10.
  12. Bílgín AK, Yürükel FND, Yígít N. The Effect of a Developed REACT Strategy on the Conceptual Understanding of Students: “Particulate Nature of Matter.” J Turkish Sci Educ. 2017;14(2):65–81.
  13. Halimatusadiah AMA, Maulana M, Syahid AA. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimb Sekol Dasar. 2017;4(3):203.
  14. Adawiyah R Al, Lesmono AD, Prastowo SHB. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. J Pembelajaran Fis. 2018;7(2):202–9.
  15. Anggitcahyowibowo H, Endang P, Yudyanto. Pengembangan Bahan Ajar fisika Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). J Pembelajaran Fis. 2008;7(2):202–9.
  16. Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta; 2017.
  17. Akbar S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2017.
  18. Nugroho ES, Prayitno BA, Maridi. Pengembangan Modul Berbasis Relating, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) pada Materi Jamur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. J FKIP UNS. 2018;7(1):63.