Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul yang dikembangkan  berbasis HOTS berbantuan Flipbook Marker sebagai bahan ajar alternatif siswa sekolah menengah atas.. Penelitian ini dilakukan dengan desain 4-D yang memiliki empat tahap yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan, dan Desseminate (Penyebaran), namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap Develop. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli yang berisi aspek materi, aspek bahasa dan aspek media. Berdasarkan hasil uji validasi produk oleh ahli diperoleh presentase skor 84,7% untuk aspek materi, 81,0% untuk aspek bahasa, dan 81,2% untuk aspek media, sehingga total rata-rata skor adalah 82,3% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Dengan demikian modul elektronik (e-modul) berbasis HOTS berbantuan Flipbook Marker menjadi produk jadi yang layak digunakan.

 

Kata kunci: e-modul, HOTS, Flipbook Marker

 

ABSTRACT

 

This research aimed to determine the characteristics and the feasibility of the module developed based on HOTS aided by Flipbook Marker as an alternative teaching material for high school students.This research was carried out with a 4-D design that had four stages, namely the Define, Design, Develop and Desseminate stages, but in this study it was only carried out until the Develop stage. This is an expert validation sheet that contains material aspects, language aspects and media aspects Based on the results of the product validation test by the expert, a percentage score of 84.7% for the material aspect, 81.0% for the language aspect, and 81.2% for the media aspect , so that the total average score is 82.3% included in the very valid category, so the electronic module (e-module) based on HOTS aided by Flipbook Marker becomes a finished product that is suitable for use.

 

Keywords: e-module, HOTS, Flipbook Marker

Article Details

How to Cite
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK MARKER SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF SISWA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254

References

  1. Mulyasana D. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2012.
  2. Hanifah N. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar. Curr Res Educ Conf Ser J. 2019;1(1):1–8.
  3. Fanani A, Kusmaharti D. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS ( HIGHER ORDER THINKING SKILLS ) DI SEKOLAH DASAR KELAS V. J Pendidik Dasar. 2018;9(1):1–11.
  4. Syafa’ah HK, Handayani L. PENGEMBANGAN METACOGNITIVE SELF–ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR EVALUASI DALAM MEMBACA TEKS SAINS BERBAHASA INGGRIS. Unnes Phys Educ J. 2015;4(1).
  5. Solikin I. Implementasi E - Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. J RESTI. 2018;2(2):492–7.
  6. Gunawan D, Yani JA, Pos T. MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF ELEKTRONIKA DASAR UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. KomuniTi. 2010;2(1):60–6.
  7. Budiarti S, Nuswowati M, Cahyono E. GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. J Innov Sci Educ. 2016;5(2):144–51.
  8. Awaluddin RFD, Rusimamto PW. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PLC PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROGRAM PERALATAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DENGAN PLC UNTUK SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKETO. J Pendidik Tek Elektro. 2016;5(3).
  9. Noviyanita W. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS FLIPBOOK. Delta J Ilm Pendidik Mat. 2018;6(2):41–9.
  10. Hidayatullah MS, Rakhmawati L. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SAMPANG. J Pendidik Tek Elektro. 2016;5(1):83–8.
  11. Sugianto D, Abdullah AG, Elvyanti S, Muladi Y. MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK DASAR TEKNIK DIGITAL. Invotec. 2013;9(2):101–16.
  12. Hayati S, Budi AS, Handoko E. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. In: Seminar Nasional Fisika II. Universitas Negeri Jakarta; 2015. p. 49–54.
  13. Mulyadi DU, Wahyuni S, Handayani RD. Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. J Pembelajaran Fis. 2016;4(4):296–301.
  14. Fitri H, Maison, Kurniawan DA. Pengembangan e-modul menggunakan 3D pageflip profesional pada materi momentum dan impuls SMA/MA kelas XI. Edufisika J Pendidik Fis. 2019;4(1):1–12.
  15. Kediri I. STRATEGI PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM KURIKULUM 2013 Moh. Zainal Fanani IAIN Kediri. 2013;57–76.
  16. Ghofur A, Kustijono R. PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS FLASH KVisoft FlipBook PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS SEBAGAI SARANA BELAJAR SISWA SMA KELAS X. J Inov Pendidik Fis. 2015;4(2):176–80.
  17. Rofiah E, Aminah NS, Sunarno W. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP / MTs. Inkuiri J Pendidik IPA. 2018;7(2):285–96.
  18. Prastiwi A, Sriyono, Nurhidayati. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skillss ( HOTS ) Siswa SMA. Radiasi J Berk Pendidik Fis. 2016;9(1):1–6.