Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari kajian ini adalah memberikan gambaran kemampuan literasi sains siswa SMA khusunya di kota Kendari. Subjek penelitian terpusat di SMA 1 Kendari dengan total subjek sebanyak 350 orang. Topik pelajaran yang digunakan adalah energi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpalan data menggunaka tes yang didalamnya meliputi aspek kontek, konten, dan proses. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statustuf deskriptif . Hasil investigasi diperoleh bahwa Kemampuan literasi sains peserta didik kelas X di SMAN 1 Kendari pada indicator aspek konten dimana indicator pertama yaitu perubahan energy memperoleh nilai presentase 70,83% dengan kategori cukup. Kemudian untuk indicator bahan bakar alternative memperoleh nilai presentase 79,72% dengan kategori baik. Sedangkan untuk indicator molekul penyedia energi memperoleh nilai presentase 33,75% dengan kategori sangat rendah. Kemampuan literasi sains peserta didik kelas X di SMAN 1 Kendari pada indicator aspek proses  dimana pada indicator pertama mengidentifikasi isu ilmiah memperoleh nilai presentase 50,13% dengan rendah. Kemudian untuk indicator menjelaskan fenomena ilmiah memperoleh nilai presentase 34,62% dengan kategori sangat rendah. Sedangkan untuk indicator menggunakan bukti ilmiah memperoleh nilai presentase 52,69% dengan kategori rendah. Sedangkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas X di SMAN 1 Kendari pada indicator aspek konteks dimana pada indicator pertama aplikasi energi bidang teknologi memperoleh nilai presentase 89,72% dengan kategori sangat baik. Kemudian untuk indicator energi dalam meningkatkan mutu lingkungan memperoleh nilai presentase 29,16% dengan kategori sangat rendah. Untuk indicator dampak energi memperoleh nilai presentase 17,08% dengan kategori sangat rendah.

 

Kata kunci—Literasi sains, Pembelajaran fisika

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to provide an overview of the ability of  student senior high school of scientific literacy  especially in the city of Kendari.The research subjects were concentrated in senior high school 1 Kendari with a total of 350 subjects. The topic of the lesson used was energy. This type of research used descriptive quantitative approach.Data collection techniques use tests which included aspects of context, content, and process. While the data analysis technique used descriptive statistics. The results of the investigation found that the scientific literacy ability of class X students in Senior High School 1 Kendari on the indicator aspect of content where the first indicator was the change in energy obtains a percentage of 70.83% with a sufficient category. Then for alternative fuel indicators got a percentage value of 79.72% with a good category. As for the energy supply molecular indicator, it s a percentage of 33.75% with a very low category. The ability of scientific literacy in class X students in Senior High School 1 Kendari in the process aspect indicator where the first indicator identifies scientific issues obtains a percentage value of 50.13% with low. Then, to explain scientific phenomena acquire indicator value percentage of 34.62% with a very low category. As for the indicator using scientific evidence obtained percentage value of 52.69% with a lower category. While the scientific literacy ability of class X students in Senior High School 1 Kendari on the indicator of context aspects where the first indicator of energy application in the technology field obtained a percentage value of 89.72% with a very good category. Then for the energy indicator in improving environmental quality, the percentage value is 29.16% with a very low category. To obtain the energy impact indicator value percentage of 17.08% with a very low category.

 

Keywords—Science literacy, Physics learning

Article Details

Author Biographies

Erniwati Erniwati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Fisika

Istijarah istijarah, SMA Tahfidzul Qur'an Mu’adz Bin Jabal Kendari

Guru Fisika

La Tahang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Fisika

Hunaidah Hunaidah, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Fisika

Vivi Hastuti Rufa Mongkito, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Fisika

Suritno Fayanto, SMA Tahfidzul Qur'an Mu'adz Bin Jabal Kendari

Guru fisika
How to Cite
Erniwati, E., istijarah, I., Tahang, L., Hunaidah, H., Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA DI KOTA KENDARI: DESKRIPSI & ANALYSIS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.99-108

References

  1. Sukariasih L, Erniwati E, Salim A. Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. Int J Educ Vocat Stud. 2019;1(4):1–6.
  2. Fayanto S, Kawuri MYRT, Jufriansyah A, Setiamukti DD, Sulisworo D. Implementation E-Learning Based Moodle on Physics Learning in Senior High School. Indones J Sci Educ. 2019;3(2):93.
  3. Fayanto S, Misrawati M, Sulisworo D, Istiqomah HFN, Sukariasih L. The Implementation of Multimedia on Physics Learning Based on Direct Instruction Model in The Topic of Light. Indones J Learn Educ Couns. 2019;1(2):124–32.
  4. Winarti W, Liliawati W, Rusnayati H SJ. Literasi Sains Siswa SMP di Kota Bandung Pada Tema Alam Semesta. Semin Nas IPA Pascasarj. 2016;1(1):504.
  5. Pratiwi S, C Cari, AMinah N. Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. InProsiding Semin Nas IPA Pascasarj UM. 2016;1(1):504.
  6. Afni N, Rokhimawan MA. Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah J Pendidik Dasar Islam. 2018;10(1):47–68.
  7. Nofiana M, Julianto T. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosf J Tadris Biol. 2018;9(1):24–35.
  8. Zuriyani E. Literasi sains dan pendidikan. Kemenag Sumses. 2011. p. 1–2.
  9. Sukowati D, Rusilowati A. Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Phys Commun. 2017;1(1):16–22.
  10. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Kemterian Pendidikan dan Kebudayaan. 208AD. p. 1–2.
  11. Siagian P, Silitonga M, Djulia E. Scientific Literacy Skills of Seventh Grade Junior High School ( SMP Negeri ) Students in North Labuhanbatu Regency. Int J Humanit Soc Sci Educ. 2017;4(11):176–82.
  12. Rusilowati A, Kurniawati L, Nugroho SE, Widiyatmoko A. Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. Int J Environ Sci Educ. 2016;11(12):5718–27.
  13. Intan A, Ariyanti P, Ramli M, Prayitno BA. Preliminary Study On Developing Science Literacy. Pros ICTTE FKIP UNS 2015. 2016;1:284–9.
  14. Imani, Hajar A, Ika M. Profil Literasi Siswa SMP di Kota Bandung Terkait Tema Pemanasan Global. Malang; 2016.
  15. Odja HA, Payu CS. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa pada Konsep IPA. Surabaya; 2014.
  16. Djaali, P Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negara Jakarta; 2004. 1–50 p.
  17. Adawiyah R, Wisudawati AW. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indones J Curric Educ Technol Stud [Internet]. 2017;5(2):112–21. Available from: http://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/jktp
  18. Sujarweni VW, Endrayanto P. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012. 1–50 p.
  19. Purwanto N. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. 1th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2006. 1–50 p.
  20. Winata A, Cacik S, Ifa Seftia R W. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA. Educ Hum Dev J. 2016;1(1):34–9.
  21. Pantiwati Y, H Hasamah. Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP Kota Malang. Malang; 2016.
  22. Nofiana M. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sos dan Humaniora). 2017;1(2):77.
  23. Arisman AA. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Edusains. 2016;7(2):179–84.
  24. Ardianto D, Bibin Rubini. Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Sci Educ J. 2016;5(1):1167–74.
  25. Yuliati Y. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. J Chem Inf Model. 2017;3(2):21–8.
  26. Sujana A, Permanasari A, Sopandi W, Mudzakir A. Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasar. J Pendidik IPA Indones. 2014;3(1):5–11.
  27. Ibrahim MA, N H Aspar. Tahap Literasi Sains dalam Kalangan Pelajar Tingkatan Empat Sekolah Akhir Agam di Daerah Hilir Perak. Perak: Universiti Teknologi Melaka; 2006. 1–5 p.
  28. Riskwati, Azis A, Aqil M, Sitti R, Yunus R. Analysis student’s level of science literacy in class x sman khusus jeneponto. In: International Conference on Mathematics, Science, and Education. 2015. p. 1–5.
  29. Purwani LD, Sudargo F, Surakusumah W. Analysis of student’s scientific literacy skills through socioscientific issue’s test on biodiversity topics. J Phys Conf Ser. 2018;1013(1):1–5.
  30. Rokhmah A, Sunarno W, Masykuri M. Science Literacy Indicators in Optical Instruments of Highschool Physics Textbooks Chapter. J Pendidik Fis Indones. 2017;13(1):19–24.