Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep dan kemampuan psikomotor mahasiswa menerapkan asesmen representasi melalui pendekatan Student Centered Learning pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika di Pendidikan Fisika semester III Universitas Bengkulu. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus dibagi dalam empat tahap; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNIB semester III tahun pelajaran 20 20/2021 berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui tes. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis penguasaan konsep mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus satu sampai tiga (2,62-3,77) dengan kategori sangat baik dan kemampuan psikomotor mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus satu sampai tiga dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan asesmen representasi pada mata kuliah strategi pembelajaran Fisika melalui pendekatan Student Centered Learning (SCL) dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan psikomotor mahasiswa Pendidikan Fisika.

 

Kata kunci: asesmen representasi, student centered learning, penguasaan konsep, kemampuan psikomotor

 

Abstract

 

This research was a classroom action research (CAR) to describe the students' mastery of concepts and psychomotor by applying a representation assessment through the Student Centered Learning approach in the Physics Learning Strategy subject in the third semester of Physics Education, Bengkulu University. This classroom action research was conducted with a cycle model where each cycle was divided into four stages; planning, acting, observing and reflecting. The subjects in this study were all 27 students of Physics Education FKIP UNIB semester III 2020/2021 academic year. The instruments used to collect data in this study include: observation and tests. The research analysis was carried out using descriptive statistics. The results of the analysis of student concept mastery have increased from cycles one to three (2.62-3.77) with the very good category and the students' psychomotor abilities have increased from cycles one to three with good categories. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of representation assessment in the physics learning strategy course through the Student Centered Learning (SCL) approach can improve the conceptual mastery and psychomotor abilities of Physics Education students.

 

keywords: representation assessment , student centered learning, concept mastering, psychomotor skills

Article Details

How to Cite
Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). PENERAPAN ASESMEN REPRESENTASI MELALUI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.215-222

References

  1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Indonesia; 2016.
  2. Yusuf M. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup; 2014.
  3. Sudarman. Penilaian Psikomotorik I [Internet]. 2008. p. 1. Available from: https://sudarmansmk.blogspot.com/2008/11/penilaian-psikomotorik-i.html
  4. Reif F. Millikan Lecture 1994: “Understunding and Teaching Important Scientific Thought Processes.” Am J Phys. 1995;63(1):17–32.
  5. Jackson. Penggunaan Asesmen Kinerja (Performance Assessment) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 7 SMP Negeri 13 Malang. Universitas Negeri Malang; 2006.
  6. Harsono. Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan UGM; 2005.
  7. Arikunto S. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara; 2014.
  8. Irwandani. Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2014;3(1):1–7.
  9. Kohl PB, Noah DF. Effects of representation on students solving physics problems: A fine-grained characterization. Phys Rev Spec Top Educ Res. 2006;2(1):10–6.
  10. Herawati RF, Mulyani S, Redjeki T. PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR LAJU REAKSI SISWA SMA NEGERI I KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. J Pendidik Kim. 2013;2(2):38–43.
  11. Aziz F, Nurjanah F, Sari DP. AKTUALISASI TTB (TEORI TAKSONOMI BLOOM) MELALUI DRAMA KEPAHLAWANAN GUNA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK. Universitas Jember. In: Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP Universitas Jember; 2015.
  12. Iskandar A. PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PSIKOMOTOR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Inspir J Teknol Inf dan Komun. 2011;3(1):37–46.