Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengimplementasikan modul IPA berbasis etnosains masyarakat Bengkulu melalui Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu yang mengambil mata kuliah IPA 1. Kegiatan penelitian ini  dilakukan dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Perangkat pembelajaran terdiri dari (1) RPP model Discovery Learning; (2) Modul IPA berbasis etnosains Masyarakat Bengkulu materi Pengukuran; (3) LKPD; (4) instrumen penilaian Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis  Mahasiswa melalui pre test dan post test.  Pada siklus I,  rata-rata pretes adalah sebesar 71,92 dengan standar deviasi sebesar 6,01 dan postes sebesar 75,77 dengan standar deviasi sebesar 4,75. Pada siklus II, rata-rata pretes adalah sebesar 80,19 dengan standar deviasi sebesar 4,75 dan rata-rata postes sebesar 83,85 dengan standar deviasi sebesar 4,83. Dari hasil tersebut dapat dibandingkan bahwa peningkatan siklus II  lebih besar dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus I sebesar 58,69 dan siklus II sebesar 63,45. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Modul IPA Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu melalui Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

 

Kata kunci: Classroom Action Research, Modul, Etnosains, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

 

ABSTRACT

 

A Classroom Action Research has been carried out to implement a science module based on the ethnoscience of the Bengkulu people through discovery learning to improve the critical thinking skills of students of the Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu who take the IPA 1 course. This research activity was carried out in two cycles with two meetings. Each cycle consists of four research steps, namely planning, acting, observing, and reflecting. The learning tools consist of (1) RPP Discovery Learning model; (2) Science module based on Bengkulu Community ethnoscience measurement material; (3) LKPD; (4) assessment instruments for Critical Thinking Skills and Activities. The data analysis technique used descriptive analysis. The results obtained were an increase in students' critical thinking skills through the pretest and posttest. In the first cycle, the average pretest was 71.92 with a standard deviation of 6.01 and post-test was 75.77 with a standard deviation of 4.75. In cycle II, the average pretest was 80.19 with a standard deviation of 4.75 and the average post-test was 83.85 with a standard deviation of 4.83. From these results it can be compared that the increase in cycle II is greater than that of cycle I. The increase in students' critical thinking skills in cycle I is 58.69 and cycle II is 63.45. Based on these results, it can be concluded that the application of the Bengkulu Community Ethnoscience-Based Science Module through discovery learning can improve students' critical thinking skills.

 

Keywords: Classroom Action Research, Module, Ethnoscience, Discovery Learning, Critical Thinking Skills.

 

Article Details

How to Cite
Sakti, I., Defianti, A., & Nirwana, N. (2020). IMPLEMENTASI MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS MASYARAKAT BENGKULU MATERI PENGUKURAN MELALUI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 232–238. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.232-238

References

  1. Widana IW. Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. Int J Soc Sci Humanit. 2018;2(1):24–32.
  2. Winangun K. Pendidikan Vokasi sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. J Taman Vokasi. 2017;5(1):72–8.
  3. Mulia F, Mustadi A. Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Pendidikan IPA Menggunakan Model Project-Based Learning. Lentera Pendidik. 2019;22(1):52–63.
  4. Kirana IE, Kusairi S. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dalam Kasus Grafik Kinematika Satu Dimensi. J Pendidik. 2019;4(3):363—368.
  5. Rahayu WE, Sudarmin. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi. Unnes Sci Educ J. 2015;4(2):919–26.
  6. Tandililing E. Pengembangan Etnosains dalam Pembelajaran Pendidikan Sains di Sekolah [Internet]. 2014. Available from: https://fkip.untan.ac.id/prodi/fisika/pengembangan-etnosains-dalam-pembelajaran-pendidikan-sains-di-sekolah.html
  7. Atmojo SE. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. J Pendidik IPA Indones. 2012;1(2):115–22.
  8. Sudiana IM, Surata IK. Analisis tentang Pengetahuan Tradisional (Etnosains) Subak yang Dapat Diintegrasikan dengan Materi Biologi SMP. Suluh Pendidik. 2010;8(2):43–51.
  9. Anwari, Nahdi MS, Sulistyowati E. Biological Science Learning Model Based on Turgo’s Local wisdom on Managing Biodiversity. In: AIP Conference Proceedings 1708. 2016.
  10. Rosyidah AN, Sudarmin, Siadi K. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Sci Educ J. 2013;2(1):133–9.
  11. Nurrohmi Y, Utaya S, Utomo DH. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. J Pendidik Teor Penelitian, dan Pengemb. 2017;2(10):1308—1314.
  12. Lambertus. Pentingnya melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan. 2009;28(2):136–42.
  13. Khusniati M. Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indones J Conserv. 2014;3(1):67–74.
  14. Hastuti TW. Kemampuan BerpikirKritis Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum [Internet]. 2014. Available from: http://eprints.ums.ac.id/29746/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
  15. Almubarok M. Pengembangan Media Internet Melalui Blog (Blogger) Yang Isinya Dapat Melatih Berpikir Kritis Siswa Kelas VII ICP (International Class Program) SMP YPM 1 Taman-Sidoarjo [Internet]. 2012. Available from: http://digilib.uinsby.ac.id
  16. Ernis RH. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skill. Educ Leadrsh. 1985;43(2):44–8.
  17. Rai K. It Begins with the People : Community Development and Indigenous Wisdom. Adult Learn. 2001;13(1):14–7.