Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial yang dibuat berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan berbantuan e-learning yaitu aplikasi blogspot. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Validasi dilakukan dengan 3 orang ahli yaitu ahli materi, bahasa dan desain.Berdasarkan hasil validasi aspek materi memperoleh nilai 88,66% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat baik dan aspek desain diperoleh nilai 90,76% dengan katgori sangat baik. Hasil angket kepraktisan LKS memperoleh nilai 85,81% dengan kategori sangat praktis. Dan untuk efek potensialnya dalam meningkatkan pemahaman konsep dengan menggunakan rumus N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,87 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat valid dan praktis serta dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

 

Kata kunci : Pengembangan dan penelitian, LKS, inkuiri terbimbing, e-learning, pemahaman konsep

 

ABSTRACT

 

This research was aimed to produce worksheets that was valid, practical and have potential effects based on the guided inquiry learning model and assisted e-learning, namely the blogspot application. The research method used in this research was R&D (Research and Development) with the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate)  model. Validation was carried out with 3 experts, namely material, language and design experts. Based on the results of the validation of the material aspect, the score was 88.66% with the very good category, the language aspect got a score of 86% in the very good category and the design aspect obtained a value of 90.76% with the very good category. The results of the LKS practicality questionnaire obtained a score of 85.81% in the very practical category. And for its potential effect in increasing concept understanding using the N-Gain formula, it obtained a value of 0.87 with the high category. Based on the results of these data, it can be concluded that guided inquiry-based worksheets assisted by e-learning are very valid and practical

 

Keywords : Development and research, worksheets, guided inquiry, e-learning, understanding concepts

Article Details

How to Cite
Calesta, W., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.51-60

References

  1. Nurcahyati K, Distrik IW, Wahyudi I. Pengaruh Panggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Terhadap Hasil Belajar Siswa. J Fis dan Pendidik Fis. 2019;2(2):11–9.
  2. Masyithah DC, Jufrida, Pathoni H. Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa SMA Kelas XI. J Edukasi Fis. 2017;2(1):51–60.
  3. Hanum NS. Kefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). J Pendidik Vokasi. 2013;3(1):90–102.
  4. Dewi K, Sadia IW, Ristiati NP. Dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan. E-journal Progr Pascasarj Univ Pendidik Ganesha. 2013;3(1):1–11.
  5. Irmayanti S, Nugroho MA. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. J Pendidik Akunt Indones. 2016;14(1):45–54.
  6. Wahyudin, Sutikno, Isa A. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. J Pendidik Fis Indones. 2010;6(1):58–62.
  7. Aqib Z, Jaiyaroh S, Diniati E, Khotimah K. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya; 2016.
  8. Hake RR. Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High-School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. In: Physics education research conference. 2002. p. 1–14.
  9. Hake RR. Analyzing Change/Gain Scores. Dept of Physics Indiana University; 1999. 1–4 p.
  10. Utari WT, Fadhilah R, Fitriani. Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga DI SMA Negeri 4 Sungai Raya. Ar-Razi J Ilm. 2018;6(1):69–78.
  11. Yuliana T, Handhika J, Huriawati F. Pengembangan Modul IPA Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. In: Seminar Nasional Pendidikan Fisika III. Madiun: Universitas PGRI Madiun; 2017. p. 94–101.