Main Article Content

Abstract

Telah dilakukan pengembangan satu set bahan ajar teks perubahan konseptual berbasis teori perubahan konseptual pada kinematika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh rata-rata validasi ahli sebesar 4,13 dengan kategori valid. Pada tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation diperoleh persentase rata-rata dari lembar angket mahasiswa  sebesar  81,39% dan 81,75% dengan kategori praktis. Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar teks perubahan konseptual berbasis teori perubahan konseptual pada kinematika yang valid dan praktis. Bahan ajar teks perubahan konseptual ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi materi kinematika.

Article Details

How to Cite
Syuhendri, S., Sania, L., & Akhsan, H. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL MATERI FISIKA DASAR TOPIK KINEMATIKA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 43–50. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.43-50

References

  1. Syuhendri S. Developing of Conceptual Change Texts (CCTs) Based on Conceptual Change Model to Increase Students’ Conceptual Understanding and Remediate Misconceptions in Kinematics. In: The 2nd Sriwijaya University Learning and Education-International Conference (SULE-IC). 2016. p. 1191–205.
  2. Syuhendri S. Pembelajaran Perubahan Konseptual: Pilihan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Forum MIPA. 2010;13(2):133–40.
  3. Syuhendri S. Student teachers’ misconceptions about gravity. J Phys Conf Ser. 2019;1185(1):012047.
  4. Daniel A. Experiential learning model in two-dimensional kinematics. Phys Teach. 2019;57(9):648–9.
  5. Syuhendri S. Konsepsi alternatif mahasiswa pada ranah mekanika: analisis untuk konsep impetus dan kecepatan benda jatuh. J Inov dan Pembelajaran Fis. 2014;1(1):56–68.
  6. Vaara RL, Sasaki DGG. Teaching kinematic graphs in an undergraduate course using an active methodology mediated by video analysis. LUMAT Int J Math, Sci Technol Educ. 2019;7(1):1–26.
  7. Departemen Pendidikan Nasional. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional; 2008.
  8. Syuhendri S. A learning process based on conceptual change approach to foster conceptual change in Newtonian mechanics. J Balt Sci Educ. 2017;16(2):228.
  9. Posner GJ, Strike KA, Hewson PW, Gertzog WA. Accomodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Sci Educ. 1982;88(2):211–27.
  10. Lestari, Linuwih S. Analisis Konsepsi dan Perubahan Konseptual Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas Unggulan. Unnes Phys Educ J. 2014;3(2):62–7.
  11. Eka IW, et. al. Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitf. E-journal Progr Pascasarj Univ Pendidik Ganesha. 2014;4.
  12. Ültay N, Durukan ÜG, Ültay E. Evaluation of the effectiveness of conceptual change texts in the REACT strategy. Chem Educ Res Pract. 2015;16(1):22–38.
  13. Yürük N, Ero?lu P. The Effect of Conceptual Change Texts Enriched with Metaconceptual Processes on Preservice Science Teachers’ Conceptual Understanding of Heat and Temperature. J Balt Sci Educ. 2016;15:693–705.
  14. Özmen H, Naseriazar A. Effect of simulations enhanced with conceptual change texts on university students’understanding of chemical equilibrium. J Serb Chem Soc. 2017;8(2):1–16.
  15. Syuhendri S. Pengembangan Teks Perubahan Konseptual (TPK) untuk Pengajaran Perubahan Konseptual. In: Seminar Nasional Pendidikan IPA. 2017. p. 682–91.
  16. Prawiladilaga S. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2008.
  17. Tessmer M. Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page; 1998.
  18. Pratiwi I. Analisis Miskonsepsi Gerak pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Sebelas Maret; 2012.
  19. Agustina D. Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Konseptual Berbasis Model Perubahan Konseptual Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Universitas Sriwijaya; 2016.