Main Article Content

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik e-modul fisika berbasis multiple representation untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA pada materi alat optik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 3D yaitu define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari merancang instrumen untuk tahap define, analisis RPP, analisis perangkat pembelajaran (modul). Tahap design terdiri dari rancangan e-modul dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul. Tahap develop terdiri dari pengembangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul dan validasi ahli serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek media adalah 78% dengan kategori valid, aspek isi sebesar 76% dengan kategori valid, aspek penyajian sebesar 81% dengan kategori sangat valid dan aspek bahasa sebesar 76% dengan kategori valid dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 78% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “layak” untuk digunakan. Karakteristik e-modul antara lain: isi e-modul berbasis multiple representation, representasi yang digunakan ditunjukkan untuk menstimulus keterampilan pemecahan masalah siswa dan kegiatan pendahuluan pembelajaran serta soal pada e-modul melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, e-modul, multiple representation, keterampilan pemecahan masalah

 

ABSTRACT

 

This research was a research and development (R&D) which aims to describe the feasibility and characteristics of multiple representation-based physics e-modules to train high school students' problem solving skills in optical instrument material. The development model used in this study was a 3D development model, namely define, design, and develop. The define stage consists of designing instruments for the define stage, RPP analysis, analysis of learning tools (modules). The design stage consists of e-module design and instrument design for evaluating the e-module. The develop stage consists of developing instruments for evaluating the e-module and expert validation and revisions based on the results of expert validation. Based on the results of expert validation, the percentage of the average score on the media aspect is 78% with the valid category, the content aspect is 76% with the valid category, the presentation aspect is 81% with the very valid category and the language aspect is 76% with the valid category with the value the overall average is 78% with the valid category. Based on the validation results that have been carried out by experts, it can be concluded that the e-module developed is feasible with the characteristics of e-module, including: the content of e-module based on multiple representation, the representation used is shown to stimulate student problem solving skills and preliminary learning activities as well as questions on the e-module train students' problem solving skills.


Keywords: Research and Development, e-module, multiple representation, problem solving skills

Article Details

How to Cite
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRSENTATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

References

  1. Sujanem R, Suwindra INP, Tika IK. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas. J Pendidik dan Pengajaran. 2009;4(2):97–104.
  2. Aji SD, Hudha MN. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Sci Educ J. 2017;1(1):36–51.
  3. Sutarno, Setiawan A, Suhandi A, Kaniawati I, Putri DH. Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bandul Fisis Menggunakan Model Problem Solving Virtual Laboratory. J Pendidik Fis dan Teknol. 2017;3(2):164–72.
  4. Cahyani H, Setyawati RW. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. In: PRISMA. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES; 2017. p. 151–60.
  5. Nurussaniah. Pengembangan modul mata kuliah pemodelan matematika berbasis pemecahan masalah pada materi sistem massa pegas. J Pendidik Inform dan Sains. 2016;5(1):105–19.
  6. Departemen Pendidikan Nasional. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional; 2008.
  7. Suarsana IM. PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. J Pendidik Indones. 2013;2(2):264–75.
  8. Kususa SA, Sudarti, Aristya PD. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS X SMAN 3 LUMAJANG. J Pembelajaran Fis. 2017;6(2):154–61.
  9. Syafitri Y, Festiyed F, Dwiridal L, Afrizon R. PEMBUATAN E-MODUL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI KALOR DAN TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SMA/MA. Pillar Phys Educ. 2019;12(4):777–84.
  10. Pratiwi RI, Nyeneng ID, Wahyudi I. Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis. J Pembelajaran Fis. 2017;5(3):69–79.
  11. Ningrum DW. Hubungan antara Optimisme dan Coping Stres pada Mahasiswa UEU yang sedang Menyusun Skripsi. J Psikol. 2010;9(1):41–7.
  12. Hayati S, Budi AS, Handoko E. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. In: Seminar Nasional Fisika II. Universitas Negeri Jakarta; 2015. p. 49–54.
  13. Purwanto A, Sakti I, Sindita D. The development of students worksheets is oriented to the higher other thinking skill with problem solving models on electromagnetic induction materials. J Phys Conf Ser. 2021;1731:1–6.
  14. Setyandaru TA, Wahyuni S, Putra PD aristya. Pengembangan modul pembelajaran berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di sma/ma. J Pembelajaran Fis. 2017;6(3):218–24.
  15. Puspitasari AD. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA. J Pendidik Fis. 2019;7(1):17–25.