Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pem bekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan LTIK yang telah di berikan pada siswa menurut persepsi guru SMA kota Bengkulu dalam mata pelajaran fisika. (2) Mendeskripsikan pembekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan LTIK yang telah dilakukan guru  menurut persepsi siswa SMA kota Bengkulu dalam mata pelajaran fisika. (3) Mendeskripsikan penguasaan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan LTIK yang dimiliki siswa menurut persepsi dirinya sendiri siswa SMA kota Bengkulu dalam mata pelajaran fisika. (4) Mendeskripsikan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan LTIK siswa menurut persepsi teman sebaya SMA kota Bengkulu dalam mata pelajaran fisika. Jenis yang penelitian ini adalah Descriptive Research. Sampel penelitian ini berjumlah 90 siswa dan 3 guru fisika dari 3 SMA yang berbeda di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh pembekalan dan penguasaan keterampilan abad 21 pada aspek literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa SMA Negeri Kota Bengkulu dalam mata pelajaran fisika menurut persepsi guru, dirinya sendiri dan teman sebaya berada pada kategori baik. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan sebagai need assessment bagi penelitian RND (Reasearch And Development) seperti pengembangan media pembelajaran, modul pembelajaran model pembelajaran.

Kata Kunci: pembekalan, keterampilan abad 21, keterampilan literasi teknologi informasi dan komunikasi, pelajaran fisika, descriptive reasearch

 

ABSTRACT

 

This reasearch has aimed to (1) to describe debriefing of  century skills on aspects of LTIK skills that have been given to students according to the perceptions of Bengkulu city high school teachers in physics subjects. (2) to describe debriefing of  century skills on aspects of LTIK skills that have been carried out by teachers according to the perceptions of Bengkulu city high school students in physics subjects. (3) describe the provision of 21st century skills in aspects of information and communication technology literacy skills possessed by students according to their own perception of bengkulu high school students in physics subjects. (4) describe the provision of  century skills in aspects of LTIK skills that students have according to their own perceptions of high school students in Bengkulu City in physics. The type of research that this is Descriptive Research. The study sample was 90 students and 3 physics teachers from 3 high schools in the city of Bengkulu. Data collection techniques used in this study are questionnaires, interviews and observations. Based on data analysis, it was obtained and mastery by providing of 21st century skills in the aspects of information and communication technology literacy for Bengkulu city high school students in physics according to teacher perceptions, themselves and their peers were in a good category. The results obtained can be used as a need assessment for RND (Reasearch And Development) research such as learning media development, learning model learning modules.

Keywords: debriefing,  century skills, information and communication technology literacy skills, physics subjects, descriptive reasearch.

Article Details

How to Cite
Jannah, A., Mayub, A., & Hamdani, D. (2021). IDENTIFIKASI PEMBEKALAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA ASPEK LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI BENGKULU DALAM MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.93-102

References

  1. Indonesia R. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas; 2003.
  2. Rahmawati, F., & Arief M. Pengembangan Media E-Learning Teknologi Perkantoran Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Peserta Didik. Pendidik Adm Perkantoran Univ Negeri Malang. 2019;45–63.
  3. Abidin. Desain Sitem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama; 2014.
  4. Mahanal S. Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan. Semin Nas Pendidik HMPS Pendidik Biol FKIP Univ Halu Oleo. 2014;1(September):1–16.
  5. Redhana IW. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. J Inov Pendidik Kim. 2019;13(1).
  6. Zubaidah S. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Semin Nas Pendidik dengan tema “Isu-isu Strateg Pembelajaran MIPA Abad 21. 2017;
  7. Astini NKS. PENTINGNYA LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR UNTUK MENYIAPKAN GENERASI MILENIAL. In: Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 40. 2019.
  8. Iqbal, M. S., Koeshandayanto, S. & S. Eksplorasi Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa melalui Blended Learning Fisika. Jurnal Pendidikan:Teori.Penelitian, dan Pengembangan. 2019;Volume 4 N:79–85.
  9. Dewi M. KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERINTEGRASI LITERASI BARU ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. J PTI (PENDIDIKAN DAN Teknol INFORMASI) Fak Kegur ILMU Pendidik Univ PUTRA Indones “YPTK” PADANG. 2019;
  10. Wilson S, Lydiah N, Pachomius W. Gender Differences in Pedagogical Interaction of Information Communication Technology Among Science and Mathematics Teachers in Public Secondary Schools in Kieni West Subcounty, Nyeri County, Kenya. Int J Educ Res. 2015;3(1):443–62.
  11. Sawarsono. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press; 2013.
  12. Zainal R. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press; 2017.
  13. Kuswana W. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2013.
  14. Rafianti I, Anriani N, Iskandar K. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Mendukung Kemampuan Abad 21. KALAMATIKA J Pendidik Mat. 2018;3(2):123–38.
  15. Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA; 2010.