Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini adalah penelitian meta-analisis yang bertujuan merangkup hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajran kooperatif terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat diketahui : besar dari effect size (ES) rata-rata, tipe model pembelajaran koperatif yang memiliki effect size paling besar dan pada jenjang pendidikan dan materi apa tipe model pembelajaran kooperatif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 20 hasil penelitian berupa artikel jurnal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ES rata-rata sebesar 0,98 yang berarti berpengaruh tinggi. Tipe model pembelajaran kooperatif yang paling berpengaruh adalah tipe Team Games Tournament (TGT) dengan rata-rata ES sebesar 1,26. Model pembelajaran kooperatif lebih berpengaruh pada jenjang pendidikan SMA dengan rata-rata ES sebesar 1,06 serta pada materi suhu dan kalor dengan ES sebesar 1,46 yang masuk kategori sangat tinggi.

ABSTRACT

 

This research is a Meta-Analysis research which aims to summarize the result of research on the effect of cooperative learning models on student learning outcomes so that it can be seen : the size of the averange effect size (ES), the type of cooperative learning model that has the greatest effect size and at the level of education. And what type of material the cooperative learning model has more influence on student learning outcomes. This research was conducted by collecting 20 research results in the form of journal articles. The results of the study indicate that the ES on average is 0.98 which means that it has a high effect. The type of cooperative learning model that has the most influence is the type of Team Games Tournament (TGT) with an average ES of 1.26. the cooperative learning model has more influence on the high school education level with an average ES of 1.06 and on temperature and heat material with an ES of 1.46 which is in the very hight category

Article Details

How to Cite
Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.120-128

References

  1. Paradina D, Connie C, Medriati R. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. J Kumparan Fis. 2019;2(3):169–76.
  2. Sari VJ, Connie C, Swistoro E. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Cooperative Problem Solving. J Kumparan Fis. 2018;1(1).
  3. Gumrowi A. Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2016;5(2):183–91.
  4. Sudarsana IK. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. J Penjaminan Mutu Lemb Penjaminan Mutu Inst Hindu Dharma Negeri Denpasar. 2018;4(1).
  5. Noviasari L, Harjono N. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA. J Prim Child Educ. 2019;2(1).
  6. Syafrial S. Meta-Analisis Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA / Fisika Siswa. J Teach Learn Phys. 2018;3(1):27–33.
  7. Lovisia E. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (Stad) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari J Pendidik Ilmu Fis. 2019;1(1):1–12.
  8. Gultom AS, Bukit N. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Dan Tes Potensi Akademik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Optik Geometri. J Pendidik Fis. 2013;2(2):41.
  9. Suwaningsih N, Pasaribu M, Darsikin D. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Mind Maping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Cahaya di SMP Negeri 18 Palu. JPFT (Jurnal Pendidik Fis Tadulako Online). 2017;5(2):19.
  10. Lubis A. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas X Sma Swasta Uisu Medan. J Pendidik Fis. 2012;1(1):27–32.
  11. Juraini J, Taufik M, Gunada IW. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. J Pendidik Fis dan Teknol. 2017;2(2):80.
  12. Amin A, Charli L, Fita WN. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvesional terhadap Hasil Belajar Fisika. Sci Phys Educ J. 2018;2(1):11–7.
  13. Kasih BS, Nyeneng IDP, Distrik IW. Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Pembelajaran IPA Fisika Pada Siswa SMP Negeri 28 Bandar Lampung. J Pendidik Fis. 2019;7(2):189.
  14. Pohan D, Simamora P. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Newton. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2014;2(3).
  15. Hutasoit E, Siagian H. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termodinamika Di Kelas XI SMA Negeri 7 Medan TP 2012/2013. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2013;1(3).
  16. Harahap MB. The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Jigsaw Based On Mind Mapping On Student’s Learning Outcomes In The Temperature And Heat Subject Matter In Class X Even Semester SMA Negeri 3 Medan Learning Year 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2014;2(4).
  17. Harahap R, Turnip BM. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantu Media Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2014;2(3):156–63.
  18. Akly N, Halimah A. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika. J Pendidik Fis. 2017;3(1):52–7.
  19. Wahyuni D, Fihrin F, Muslimin M. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI MA Alkhairaat Kalangkangan. JPFT (Jurnal Pendidik Fis Tadulako Online). 2014;2(1):34.
  20. Widowati S, Susanto H, Yulianto A. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Eksperimen Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2013;2(2).
  21. Harahap RA, Derlina D. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampak terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2017;6(2):149–58.
  22. Agustina A, Misdalina M, Lefudin L. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. J Pendidik Fis. 2020;8(2):186.
  23. Darwis D. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Menggunaan Kartu Indeks Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA1 UPT SMA Negeri 4 Sinjai. J Sipatokkong BPSDM Sulsel. 2020;1(2):175–83.
  24. Kartini J, Darvina Y. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 1 Padang. 2014;3(1):66–73.
  25. Siahaan HR, Wahyuni I. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2018;6(1).
  26. Turnip MB, Turnip IF. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Disertai Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis. 2014;2(2):210–9.
  27. Asror AH. Meta-Analisis PBL. In: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2016. p. 508–13.
  28. Izzah N, Asrizal, Festiyed. Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidik Fis FKIP UM Metro. 2021;9(1):114–32.