Main Article Content

Abstract

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesulitan dalam proses pembelajaran adalah pendidik tidak menggunakan alat peraga.  Lubang hitam merupakan suatu daerah dalam ruang-waktu dengan medan gravitasi begitu kuat bahkan cahaya tidak dapat lolos. Hal ini mengakibatkan lubang hitam tidak dapat diamati secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media ajar tentang lubang hitam di Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation). Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Development. Berdasarkan penilaian dari dua validator untuk media, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 76,88%. Dari segi media, media ajar lubang hitam ini masuk kategori cukup layak untuk dikembangkan. Berdasarkan penilaian dari dua validator untuk materi, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 80,36%. Dari segi media, media ajar lubang hitam ini masuk kategori layak untuk dikembangkan. Rata-rata validasi dari ahli media dan ahli materi adalah 78,62% dengan kategori cukup layak.

Article Details

How to Cite
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR LUBANG HITAM MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

References

  1. Pane A, Dasopang MD. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah. 2017;3(2):333–52.
  2. Kallesta KS, Yahya F, Erfan M. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016 / 2017. QUARK J Inov Pembelajaran Fis dan Teknol [Internet]. 2018;1(1):51–7. Available from: http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0Ap-ISSN
  3. Nurrita T. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 2018;3(1):171–87.
  4. Ramli M. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press; 2012.
  5. Tiandho Y, Triyanta. Transfer Panas Lubang Hitam Schwarzschild. J MIPA. 2014;37(2):130–5.
  6. Strathern P. Stephen Hawking dan Lubang Hitam (Black Holes). Surabaya: Ikon Teralitera; 2004.
  7. NASA. What Is a Black Hole? [Internet]. https://www.nasa.gov. 2015 [cited 2021 Feb 9]. Available from: https://www.nasa.gov/audience/forstudents/k-4/stories/nasa-knows/what-is-a-black-hole-k4.html
  8. Yunus FM. Lubang Hitam Akhir dari Ornamen Jagad Raya. J Filsafat. 2003;34(2):103–10.
  9. Sujana N, Supeno H. Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Tata Surya pada Pelajaran Astronomi. J Teknol Inf Dan Komun. 2020;7(1):51–7.
  10. Puspitasari AD. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. J Pendidik Fis [Internet]. 2019;7(1):17–25. Available from: http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0Ap-ISSN
  11. Butar-Butar AJR. Urgensi dan Kontribusi Observatorium di Era Modern. J Tarjih. 2016;13(2):141–54.
  12. Qorib M, Zailani, Radiman, Amrizal, Rakhmadi A juli. Peran dan Kontribusi OIF UMSU dalam Pengenalan Ilmu Falak di Sumatera Utara. J Pendidik Islam. 2019;10(2):133–41.
  13. Tim OIF UMSU. Profil Singkat Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Bandung: Bildung; 2020.
  14. Handhita ET, Akhlis I, Marwoto P. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Astronomi Berbasis Visual Novel Ren’Py. Unnes Phys Educ J. 2016;5(2):35–41.
  15. Astuti IAD, Sumarni RA, Saraswati DL. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2017;3(1):57–62.