Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan tahap pengembangan model Rowntree yang memuat tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi, yang menggunakan evaluasi formatif Tessmer (1998) meliputi expert review, one to one evaluation, small group evaluation, dan field test. Subjek penelitian ini yaitu kelas X IPA SMA Shailendra Palembang. Berdasarkan tahap expert rewiew tingkat kevalidan produk LKPD melalui aspek materi, aspek desain, dan aspek bahasa pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,08% dengan katagori sangat valid. Tahap one to one memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,31%  dengan katagori sangat praktis. Tahap small group memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,6% dengan katagori sangat praktis dan berdasarkan nilai hasil pretest-postest peserta didik diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,66 dengan katagori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker sangat valid, sangat praktis, serta memilki efek potensial bagi peserta didik yaitu dengan bukti meningkatnya pemahaman konsep Fisika peserta didik.

 

Kata kunci: LKPD, Discovery Learning, Software Tracker, Pemahaman Konsep.

 

ABSTRACT

 

This study aims to develop discovery learning-based worksheets with the help of tracker software that are valid, practical, and have potential effects to improve students' conceptual understanding. This type of research is research and development using the Rowntree model development stage which includes the planning stage, development stage, and evaluation stage, which uses Tessmer's (1998) formative evaluation including expert review, one to one evaluation, small group evaluation, and field tests. The subject of this research is class X IPA SMA Shailendra Palembang. Based on the expert review stage, the level of LKPD product validity through material aspects, design aspects, and learning language aspects obtained an average value of 87.08% with a very valid category. The one to one stage obtained an average score of 81.31% in the very practical category. The small group stage obtained an average score of 90.6% in the very practical category and based on the students' pretest-posttest scores, an average N-gain value of 0.66 was obtained in the medium category. So it can be concluded that discovery learning-based worksheets with the help of tracker software are very valid, very practical, and have potential effects for students, namely with evidence of increasing students' understanding of physics concepts.

 

Keywords: LKPD, Discovery Learning, Software Tracker, Concept Understanding.

Article Details

How to Cite
Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER PADA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146

References

  1. komalasari. No Title. Manfaat Teknol Inf Dan Komunikasi Temat - J Teknol Inf Dan Komun. 2020;7(1):38–49.
  2. Yuniani A, Ardianti; DI, Rahmadani WA. Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. J Pendidik Fis dan Sains [Internet]. 2019;Vol (2)(2):18–23. Available from: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kJKXMdSrGGsJ:https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/download/1727/1321+&cd=43&hl=id&ct=clnk&gl=id
  3. Apriani N, Hakim L, Sulistiawati S. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Elastisitas Bahan. J Pendidik Fis. 2021;9(1):55.
  4. Nomleni FT, Manu TSN. Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Sch J Pendidik dan Kebud. 2018;8(3):219–30.
  5. Prastowo A. panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif (menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan). yogyakarta: diva press; 2015.
  6. Lorena M, Kasrina K, Yani AP. Pengembangan Lkpd Model Discovery Learning Berdasarkan Identifikasi Mangrove Di Twa Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio J Pendidik dan Pembelajaran Biol. 2019;3(1):59–66.
  7. Sari PI, Gunawan G, Harjono A. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2017;2(4):176.
  8. Osin AE, Sesanti NR, Marsitin R. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis. Semin Nas FST. 2019;2:9–18.
  9. Khotijah K, Arsini A, Anggita SR. Pengembangan Praktikum Fisika Materi Hukum Kekekalan Momentum Menggunakan Aplikasi Video Tracker. Phys Educ Res J. 2019;1(1):37.
  10. Aprilia M, Lubis PHM, Lia L. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS. J Pendidik Fis dan Teknol. 2020;6(2):320.
  11. Shirajuddin, Murdani E, Kusumawati I. Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. J Educ Rev Res. 2018;3(2):80–5.
  12. Taqwa MRA. Identifikasi Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Calon Guru Fisika. J Pendidik Sains. 2019;7(2):157.
  13. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R& D. bandung: alfabeta, cv.; 2013.
  14. Prastyo AA, Harlin, Darlius. Pengembangan Petunjuk Praktikum Pada Mata Kuliah Kinematika Dan Dinamika Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas SriwijayA. J Pendidik Tek Mesin. 2019;6(1):1–8.
  15. Tessmer M. merancang dan melakukan evaluasi formatif. london: british library cataloguing in publication data; 1998.
  16. Wirdani R, Lazulva, Octarya Z. Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Koloid. Jedchem (Journal Educ Chem. 2019;1(2):56–63.
  17. Ratnaningdyah D. Analisis Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick Dipadukan Dengan Strategi Cooperative Problem Solving (Cps). Prosiding. 2016;
  18. Perdana A, Siswoyo S, Sunaryo S. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan Phet Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton. Wapfi (Wahana Pendidik Fis. 2017;2(1).
  19. Sabarrini MA. Pengembangan LKPD dengan Memanfaatkan Aplikasi Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. 2021;