Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Kota Bengkulu

Annisa Apriani Widya Ningsih(1), Indra Sakti(2), Nyoman Rohadi(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar, menjelaskan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 Orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 23 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 25,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 28,5 dalam kategori baik. Hasil belajar pada siklus I diperoleh daya serap sebesar 73% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%, meningkat pada siklus II yaitu daya serap sebesar 83,5% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,6%, dan meningkat lagi untuk siklus III daya serap sebesar 90,08% dan ketuntasan belajar sebesar 100%. Rata-rata keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan indikator pada siklus I sebesar 13 dalam katagori cukup, siklus II sebesar 16 dalam katagori baik dan siklus III sebesar 18 dalam katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model Penemuan terbimbing kelas X MIA-1 di SMAN 1 kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci : Model Penemuan terbimbing (guided discovery), aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, keterampilan proses sains siswa.


Full Text:

PDF

References


Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial "Facebook" terhadap Mata Kuliah Termodinamika. Jurnal Exacta, Vol.VII No 2, 1412-3617.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.22-29

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Kumparan Fisika terindeks

Jurnal Kumparan Fisika
diterbitkan oleh UNIB PRESS Universitas Bengkulu
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Email : jkf@unib.ac.id

Lokasi Sekretariat Jurnal Kumparan Fisika