Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi

Rexy Dwi Pangestu(1), Afrizal Mayub(2), Nyoman Rohadi(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran fisika SMA berbasis video pada pokok bahasan gelombang bunyi yang valid dan reliabel. Tahap dalam penelitian ini meliputi potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Media pembelajaran yang valid dan reliabel dihasilkan melalui validasi desain yang merupakan tahap pengujian produk secara internal melalui validasi isi oleh pendapat ahli dengan tiga aspek validasi yaitu, kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis dan kemudian diuji reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, desain media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat valid (89,59%) dan rebilitas tinggi dengan koefisien 0,76 pada aspek kualitas isi dan tujaan, pada aspek kualitas instruksional dikategorikan sangat valid (92,71%) dan reliabilitas sedang dengan koefisien 0,65, dan pada aspek kualitas teknis dkategorikan sangat valid (90,47%) dan reliabilitas sedang dengan koefisien 0,67. Hasil total validasi dari tiga aspek sebesar 91% dengan kategori sangat valid.

 

Kata kunci : Research and Development, Media Pembelajaran Video, Gelombang Bunyi


Full Text:

PDF

References


Setyaningrum, A., & Wiyatmo, Y. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Sibi Pada Materi Getaran Dan Gelombang Sebagai Media Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Peserta Didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 5, No 1, 38-45.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, Kurniawan , D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) untuk Bidang Pendidikan, Menjemen, Sosial, dan Teknik). Bandung: Alfabeta.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EduSains, Vol 4, No 2, 94-103.

Susetyo, B. (2015). Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id