Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik di SMAN 3 Kota Bengkulu

Savittriani Savittriani(1), Andik Purwanto(2), Eko Swistoro(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar  dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 35 orang. Instrumen peneltian menggunakan lembar observasi dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah.  Data diolah dengan menggunakan perhitungan statistik dengan mencari nilai rata-rata dan standar deviasi (SD).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik siklus I rata-rata skor sebesar 34 (kategori cukup), siklus II sebesar 41 (kategori baik), dan siklus III sebesar 45 (kategori baik). Hasil rata- rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik siklus I sebesar 72,8 (kategori sedang), meningkat pada siklus II sebesar 79,14 (kategori tinggi), meningkat pada siklus III sebesar 90,11 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan  berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan, Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Wiranataputra, U. S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

E. Sujarwanto, A. Hidayat, & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 65-78.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta: PT Buni Aksara.

Ninik, Hobri, & Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia PadaPokok Bahasan Program Linier. Kadikma, 61-68.

Novitri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VIII.8 SMPN 1 Kota Bengkulu. Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.56-61

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id