Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengukur peningkatan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep Alat-Alat Optik yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ilmiah pada siklus I sebanyak 8 siswa pada kategori baik, pada siklus II 23 siswa, dan meningkat pada siklus III 28 siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 60% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 80% (belum tuntas), dan meningkat pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,6% (tuntas). Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I diperoleh sebesar 72,26, pada siklus II sebesar 77,8, siklus III sebesar 84, pada predikat terampil. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 38 pada kategori aktif, siklus II sebesar 42 pada kategori aktif dan siklus III sebesar 46,5 pada kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mukomuko pada konsep Alat-Alat Optik.
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Sikap ilmiah siswa, Hasil belajar, Aktivitas belajar siswa
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
- Hasanudin, M. (2016). “Penerapan Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning Model) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Fluida Statis di Kelas X MIA 1 SMAN 3 Kota Bengkulu” .Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
- Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakata: Multi Pressindo.
- Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah). Jakarta: Kementerian Kebudayaan Dan Pendidikan.
- Maizora, Faiza. (2015). “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah dan hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Kalor di Kelas VII 4 SMPN 03 Kota Bengkulu”. Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
- Purwanto, A., & Lubis, I. S. (2012). Prosiding Seminar Nasional Fisika. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbasi Laboratorium Ipa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 5 Kota Begkulu (p. 171). Palembang: Simetri.
- Sardiman, A. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Uno, H. B. (2013). Teorimotivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
References
Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Hasanudin, M. (2016). “Penerapan Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning Model) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Fluida Statis di Kelas X MIA 1 SMAN 3 Kota Bengkulu” .Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakata: Multi Pressindo.
Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah). Jakarta: Kementerian Kebudayaan Dan Pendidikan.
Maizora, Faiza. (2015). “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah dan hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Kalor di Kelas VII 4 SMPN 03 Kota Bengkulu”. Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
Purwanto, A., & Lubis, I. S. (2012). Prosiding Seminar Nasional Fisika. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbasi Laboratorium Ipa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 5 Kota Begkulu (p. 171). Palembang: Simetri.
Sardiman, A. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, H. B. (2013). Teorimotivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.