Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengukur peningkatan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep Alat-Alat Optik yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ilmiah pada siklus I sebanyak 8 siswa pada kategori baik, pada siklus II 23 siswa, dan meningkat pada siklus III 28 siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 60% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 80% (belum tuntas), dan meningkat pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,6% (tuntas). Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I diperoleh sebesar 72,26, pada siklus II sebesar 77,8, siklus III sebesar 84, pada predikat terampil. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 38 pada kategori aktif, siklus II sebesar 42 pada kategori aktif dan siklus III sebesar 46,5 pada kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mukomuko pada konsep Alat-Alat Optik.

 Kata  Kunci:  Model  Inkuiri Terbimbing, Sikap ilmiah siswa,  Hasil belajar, Aktivitas  belajar siswa

Article Details

How to Cite
Fadilah, S., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkat Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Alat-Alat Optik Kelas XI SMAN 1 Mukomuko. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 8–14. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.8-14

References

  1. Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
  2. Hasanudin, M. (2016). “Penerapan Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning Model) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Fluida Statis di Kelas X MIA 1 SMAN 3 Kota Bengkulu” .Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
  3. Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakata: Multi Pressindo.
  4. Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah). Jakarta: Kementerian Kebudayaan Dan Pendidikan.
  5. Maizora, Faiza. (2015). “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah dan hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Kalor di Kelas VII 4 SMPN 03 Kota Bengkulu”. Skripsi FKIP UNIB: tidak di terbitkan
  6. Purwanto, A., & Lubis, I. S. (2012). Prosiding Seminar Nasional Fisika. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbasi Laboratorium Ipa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 5 Kota Begkulu (p. 171). Palembang: Simetri.
  7. Sardiman, A. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Uno, H. B. (2013). Teorimotivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.