Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Memanfaatkan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Siswa SMPN 1 Pondok Kubang

Dzulfahmi Faridah(1), Connie Connie(2), Rosane Medriati(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada konsep tekanan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media audiovisual di SMPN 1 Pondok Kubang. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklusnya, yakni angket motivasi belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 61,3 dalam kategori sedang, siklus II sebesar 63,1 dalam kategori sedang, siklus III sebesar 67,5 dalam kategori sedang, dan siklus IV sebesar 69 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Motivasi Belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Prestasi Pustakarya.

Sukmara, D. 2007. Implementasi Life Skill dalam KTSP. Bandung : CV. Mughni Sejahtera.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

A’yun, D. Q. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multimedia Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. ISSN : 2301-9794. Vol I, No. 2, 157.

Marrysca, Atna F.V. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berkarakter untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan kognitif Fisika Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika). Vol I, No. 2, 10.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Santosa, Dwi T. 2016. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. JPTO (Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif). Edisi VIII, No. 2. Yogyakarta. Hal. 14.

Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.15-19

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Kumparan Fisika terindeks

Jurnal Kumparan Fisika
diterbitkan oleh UNIB PRESS Universitas Bengkulu
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Email : jkf@unib.ac.id

Lokasi Sekretariat Jurnal Kumparan Fisika