Penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAN 3 Kota Bengkulu

Esti Liani(1), Dedy Hamdani(2), Eko Risdianto(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas X MIPA 3 SMAN 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian: 1) Peningkatan aktivitas guru dan siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas guru yaitu 31; 34,5; 35,5; dan aktivitas siswa 28,5; 32,5; 35,5. 2) Peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siklus I, II dan III yaitu 79,34%; 82,19%; 92,14%; dan persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 80,55%; 88,88%; 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming di kelas X MIPA 3 SMAN 3 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

 Kata kunci: Model Problem Based Learning, Metode Brainstorming, Aktivitas Belajar,Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Herviati, M., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 53-57.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2 (1), 91.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.20-24

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Kumparan Fisika terindeks

Jurnal Kumparan Fisika
diterbitkan oleh UNIB PRESS Universitas Bengkulu
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Email : jkf@unib.ac.id

Lokasi Sekretariat Jurnal Kumparan Fisika