Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran yang menggunakan model Problem Solving Fisika (PSF) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua jenis disain penelitian yang berbeda, yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design untuk melihat pengaruh model PSF terhadap hasil belajar kognitif dan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Group Design untuk melihat pengaruh model PSF terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisis pengaruh model PSF terhadap hasil belajar kognitif dilakukan dengan uji-t dan uji lanjut dengan Cohen’s d menggunakan Microsoft Excel 2010. Hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model PSF terhadap hasil belajar kognitif siswa yaitu sebesar 0,72 yang berada dalam kategori sedang. Analisis pengaruh model PSF terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dilakukan dengan perhitungan gain yaitu pengurangan rata-rata posttest dengan pretest dan uji lanjut. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa model PSF memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa sebesar 1,80 yang berada dalam kategori kuat.

Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika

Article Details

How to Cite
Veronica, T., Swistoro, E., & Hamdani, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Model Problem Solving Fisika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lebong. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 31–39. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.31-39

References

  1. Syahputri, R., & Tampubolon, T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.P 2012/2013. Jurnal Inpafi, 1-9.
  2. Hegde, B. (2012). How do they solve it? An insight into the learner's approach to the mechanism. Physics Education Research, 1(8), 1-9.
  3. Taale, K. D. (2011). Improving physics problem solving skills of students of Somaya Senior High Secondary Technical School in The Yilo Krobo District off Eastern Region of Ghana. Journal of Education and Practice, 2(6), 8-20.
  4. Rimadani, E., Parno, & Diantoro, M. (2014). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. 1, hal. 108-112. Semarang: Universitas Malang.
  5. Aqib, Z., & Mutadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
  6. Warimun, E. S. (2010). Pengembangan Kemampuan Problem Solving melalui Pembelajaran Topik Optika Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Bandung: Tidak Diterbitkan.
  7. Warimun, E. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Problem Solving Mahasiswa melalui Pembelajaran dengan Model Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Seminar Magister Pendidikan Dasar (hal. 113-119). Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  8. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  9. Thalheimer, W., & Cook, S. (2002, Agustus). bwgriffin. Dipetik Mei 7, 2018, dari Work-Learning Research: http://www.bwgriffin.com/gsu/courses/edur9131/content/Effect_Sizes_pdf5.pdf
  10. Kadel, R. P., & Kip, K. E. (2012). A SAS Macro to Compute Effect Size (Cohen’s ) and its Confidence Interval. Florida: University of South Florida.
  11. Sijabat, A., Motlan, & Derlina. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 87-91.
  12. Siregar, D. P., & Siregar, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA Mulia Medan TP 2012/2013. Jurnal Inpafi, 2(3), 54-62.
  13. Tampubolon, T., & Sitindaon, S. F. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Inpafi, 1(3), 260-268.
  14. Purwanti, S., & Manurung, S. (2015). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57-62.
  15. Benckert, S., & Pettersson, S. (2008). Learning Physics in Small-Group Discussions- Three Examples. Eurasia Journal of Mathematics, Science, Technologi, Education, 4(2), 121-134.
  16. Gok, T., & Silay, I. (2008). Effects of Problem Solving Strategies Teaching on Problem Solving Attitudes of Cooperative Learning Group in Physics Education. Journal of Theory and Practice in Education, 4(2), 253-266.
  17. Warimun, E. S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika melalui Pembelajaran Topik Optika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Seminar Nasional Fisika. 13, hal. 188-192. Palembang: Prosiding Seminar Nasional Fisika.
  18. Gok, T., & Silay, I. (2010). The Effects of Problem Solving Strategies on Students' Achievement, Attitude and Motivation. Physics Education Journal, 7-21.