Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya dengan Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Simulasi PhET di Kelas XI MIPA E SMAN 2 Kota Bengkulu

Enna Marti Eka Putri(1), Irwan Koto(2), Desy Hanisa Putri(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya dengan penerapan model Inkuiri berbantuan simulasi PhET. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, lembar tes untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 16,5 (kriteria cukup), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19,5 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas guru kembali meningkat hingga skor rata-rata m encapai skor maksimal yaitu 21 (kriteria baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 17,5 (kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas siswa kembali meningkat hingga skor rata-rata mencapai skor maksimal yaitu 21 (kriteria baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains pada siklus I sebesar 64,24 (kriteria cukup), pada siklus II sebesar 79,63 (kriteria baik), dan pada siklus III sebesar 92,96 (kriteria sangat baik). Penguasaan konsep gelombang cahaya pada siklus I sebesar 77,27 (kriteria baik), pada siklus II sebesar 87,04 (kriteria baik), dan pada siklus III 90,74 (kriteria sangat baik). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Inkuiri berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya.

 Kata kunci: Aktivitas Siswa, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep gelombang cahaya, Model Inkiuiri, simulasi PhET


Full Text:

PDF

References


Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara

Damayanti, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 02

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. 2015. Penggunaan Simulasi Phet dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Unsyiah

Perdana, A., Siswoyo, & Sunaryo. (2017). penegembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan PHET Interactive Simulations pada Materi Hukum Newton. Jurnal wahana Pendidikan Fisika, Volume 2

Septiawan, Ahmad F. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Memanfaatkan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Siswa. S2 Thesis Universistas Pendidikan Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Rahmasiswi, Amining. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui penerapn Model pembelajaran Inkuiri dikelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. e-jurnal FKIP UNS

Sudjana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta

Kaniawati, ida. 2017. Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap PeningkatanPenguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, Volume 1




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.46-52

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id