Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat monitoring kelembaban tanah dan suhu udara pada tanaman berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno, serta mengukur kelembaban tanah dan suhu udara pada tanaman berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno. Penelitian ini menggunakan  metode Research and Development. Adapun tahap pengembangan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, produksi, dan evaluasi. Sistem monitoring kelembaban tanah dan suhu udara tersusun atas komponen-komponen elektronika, yaitu Arduino Uno sebagai pengendali sistem dari semua rangkaian, sensor DHT11 untuk mengukur suhu udara, GSM SIM900A untuk mengirimkan SMS kepada pemilik tanaman, dan soil moisture sensor untuk mengukur kelembaban tanah, dengan cara manancapkan probe pada tanah. Jika nilai yang dihasilkan sensor kecil berarti tanah dalam keadaan lembab, dan sebaliknya. Selanjutnya, dilakukan pengujian alat secara keseluruhan untuk mengetahui apakah alat berjalan sesuai dengan tujuan. Dari hasil pengujian telah terukur bahwa sistem monitoring kelembaban tanah dan suhu udara berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno dapat mendeteksi kelembaban tanah dan suhu udara kemudian sms gateway bekerja secara otomatis untuk mengirimkan SMS kepada pemilik tanaman.

Kata kunci: Sensor DHT11, Soil Moisture sensor, Arduino Uno, dan GSM SIM900A

Article Details

How to Cite
Sintia, W., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 60–65. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.60-65

References

  1. Samadi, B. (2017). Teknik Budidaya Sawi dan Pak Choy. Jakarta: Pustaka Mina.
  2. Yahwe, C. P., Isnawaty, & Aksara, L. F. (2016). Rancang Bangun Prototype System Monitoring Kelembaban Tanah Melalui SMS Berdasarkan HasilL Penyiraman Tanaman "Studi Kasus Tanaman Cabai dan Tomat". semanTIK. Vol 2 (1): 98.
  3. Prayitno, W. A., Muttaqin, A., & Syauqy, D. (2017). Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Peyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 1 (4), 292.
  4. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: ALFABETA.
  5. Sabirin, Muhammad, Triyanto, Dedi, & Suhardi. (2018). Implementasi Wireless Sensor Network pada Sistem Pemantauan dan Pengontrolan Budidaya Tanaman pada Rumah Kaca (Green House) Berbasis Website. Sistem Komputer Untan. Vol 06 (1): 26.