Pengaruh Model Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Fisika di Kelas XI MAN 1 Kepahiang

Krisma Ayu Sutrisno(1), Eko Swistoro(2), Rosane Medriati(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan jenis disain yang digunakan adalah nonequivalent control design dengan dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengukuran menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik inferensial dan dilanjutkan dengan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran di MAN 1 Kepahiang, yakni thitung 2,4 > ttabel 2,02, dan terdapat pengaruh signifikan model Problem Solving terhadap hasil belajar fisika di MAN 1 Kepahiang yang ditunjukkan dengan thitung 4,41 > ttabel 2,02. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang.

Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan.

Kurniasari, Y., & Susanah. (2013). Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas 7 G Di SMPN 1 Rejoso. Jurnal Matematika UNESA.

Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Dalam Matakuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA. Nusa penida.

Firmansyah, Wonorahardjo, S., & Arief, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Web Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains .

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.45-50

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Kumparan Fisika terindeks

Jurnal Kumparan Fisika
diterbitkan oleh UNIB PRESS Universitas Bengkulu
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Email : jkf@unib.ac.id

Lokasi Sekretariat Jurnal Kumparan Fisika