Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD Pembelajaran Fisika dengan model problem based learning yang dikombinasikan dengan mind mapping dan menentukan efektivitas LKPD Pembelajaran Fisika tersebut terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilakuakn samapi tahap uji lapangan utama pada level 3. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X/B yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas LKPD pembelajaran fisika dengan kombinasi mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dikatakan layak dengan terpenuhinya aspek kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan elaborasi dan kategori mind mapping ynga dihasilkan baik. Efektivitas LKPD pembelajaran fisika terhadap hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik meningkat dari pretest dengan nilai rata-rata kelas 20 dan meningkat pada postest dengan nilai rata-rata kelas 76,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Pembelajaran Fisika dengan model problem based learning yang dikombinasikan dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik kelas X/B SMA Sint Carolus Kota Bengkulu pada materi Mata dan Kacamata.
Kata kunci: LKPD, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil belajar.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). Kurikulum Dalam Pembelajaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
- Putri, D., & Miralis. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Ketrampilan Berpkir Kreatif Peserta didik Kelas XI SMA. Unesa Journal Of Chemical Education, 4, 341.
- Buzan, T. (2008). The Ultimate Book of Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori Dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
- Sani, R.A. (2014).Pembelajarn Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
References
Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). Kurikulum Dalam Pembelajaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Putri, D., & Miralis. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Ketrampilan Berpkir Kreatif Peserta didik Kelas XI SMA. Unesa Journal Of Chemical Education, 4, 341.
Buzan, T. (2008). The Ultimate Book of Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori Dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sani, R.A. (2014).Pembelajarn Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara