Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu

Irma Yulia(1), Connie Connie(2), Eko Risdianto(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inquiry berbantuan simulasi PhET dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian ini mengikuti desain ADDIE yang dibatasi pada tahap Development. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA D SMA N 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil validasi ahli menunjukan bahwa LKPD berbasis Inquiry berbantuan simulasi PhET telah memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan kemenarikan tampilan. Hal tersebut didukung dengan hasil uji respon siswa terhadap LKPD dengan persentase 84.8% termasuk pada kategori sangat baik. Hasil analisis data test peserta didik setelah penggunaan LKPD menunjukan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep materi gelombang cahaya dengan skor N-gain 0.76 diakhir pertemuan dengan kategori tinggi dan keefektifan peningkatan penguasaan konsep dengan klasifikasi Tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD yang dihasilkan telah valid dengan tanggapan peserta didik yang baik dan efektif meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Kata kunci: LKPD, Inquiry, Simulasi PhET, Penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Rahmi, R., Hartini , S., & Wati, M. (2014, juni). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2, 173-184. Dipetik februari 27, 2018

Prihatiningtyas, S., T, P., & Jatmiko. (2013). Implemeentasi Simulasi Phet dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 18-22.

Devi, P. K. (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. jakarta: PPPPTK IPA.

Twosias, F. (2016 ). Pengembangan LKS Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fisika SMA N 1 Prambanan Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016. 38-39.

Helprida, T. (2012). Penguasaan Konsep. Diambil kembali dari Kekeis Learning: http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/penguasaan-konsep.html

Summarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan , 25-36.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Johan, H. (2018). Pengembangan Phenomena-Based Interactive Conceptual Instruction (P-BICI) Pada Perkuliahan IPBA Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dan Sikap Spritual Mahasiswa Calon Guru Fisika. DISERTASI UPI, 1-173.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id