Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inquiry berbantuan simulasi PhET dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian ini mengikuti desain ADDIE yang dibatasi pada tahap Development. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA D SMA N 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil validasi ahli menunjukan bahwa LKPD berbasis Inquiry berbantuan simulasi PhET telah memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan kemenarikan tampilan. Hal tersebut didukung dengan hasil uji respon siswa terhadap LKPD dengan persentase 84.8% termasuk pada kategori sangat baik. Hasil analisis data test peserta didik setelah penggunaan LKPD menunjukan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep materi gelombang cahaya dengan skor N-gain 0.76 diakhir pertemuan dengan kategori tinggi dan keefektifan peningkatan penguasaan konsep dengan klasifikasi Tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD yang dihasilkan telah valid dengan tanggapan peserta didik yang baik dan efektif meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.
Kata kunci: LKPD, Inquiry, Simulasi PhET, Penguasaan konsep
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
- Rahmi, R., Hartini , S., & Wati, M. (2014, juni). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2, 173-184. Dipetik februari 27, 2018
- Prihatiningtyas, S., T, P., & Jatmiko. (2013). Implemeentasi Simulasi Phet dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 18-22.
- Devi, P. K. (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. jakarta: PPPPTK IPA.
- Twosias, F. (2016 ). Pengembangan LKS Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fisika SMA N 1 Prambanan Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016. 38-39.
- Helprida, T. (2012). Penguasaan Konsep. Diambil kembali dari Kekeis Learning: http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/penguasaan-konsep.html
- Summarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan , 25-36.
- Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
- Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Johan, H. (2018). Pengembangan Phenomena-Based Interactive Conceptual Instruction (P-BICI) Pada Perkuliahan IPBA Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dan Sikap Spritual Mahasiswa Calon Guru Fisika. DISERTASI UPI, 1-173.
References
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Rahmi, R., Hartini , S., & Wati, M. (2014, juni). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2, 173-184. Dipetik februari 27, 2018
Prihatiningtyas, S., T, P., & Jatmiko. (2013). Implemeentasi Simulasi Phet dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 18-22.
Devi, P. K. (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. jakarta: PPPPTK IPA.
Twosias, F. (2016 ). Pengembangan LKS Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fisika SMA N 1 Prambanan Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016. 38-39.
Helprida, T. (2012). Penguasaan Konsep. Diambil kembali dari Kekeis Learning: http://kekeislearning.blogspot.com/2012/09/penguasaan-konsep.html
Summarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan , 25-36.
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Johan, H. (2018). Pengembangan Phenomena-Based Interactive Conceptual Instruction (P-BICI) Pada Perkuliahan IPBA Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dan Sikap Spritual Mahasiswa Calon Guru Fisika. DISERTASI UPI, 1-173.