UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Wanti Marsila(1), Connie Connie(2), Eko Swistoro(3),
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar fisika aspek kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 SMAN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu  sebesar 45,91 dan motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu sebesar 59, 40. Jumlah rata-rata aktivitas belajar peserta didik siklus I sebesar 30,5 dalam kategori cukup baik, siklus II sebesar 35 dalam kategori baik dan siklus III sebesar 39,5 dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I daya serap siswa sebesar 68,58% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,88% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap sebesar 76,85% dan ketuntasan belajar sebesar 82,35% (tuntas), kemudian meningkat pada siklus III diperoleh daya serap sebesar 83,5% dan ketuntasan belajar sebesar 100% (tuntas) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar fisika peserta didik. 

Kata Kunci : Model Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Motivasi Belajar,  Hasil Belajar Fisika. 


Full Text:

PDF

References


Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVA Press.

Kurningsih, I. S. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Kata Pena.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiranataputra, U. (2007). Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas terbuka.

Iswanti, D. A., & Dwikoranto. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Lerarning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Mojosari. Jurnal Inovasi Pendidikan FIsika.

Hadiono, & Hidayat, N. A. (2016). Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya . Jurnal Pena Sains.

Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial Facebook pada Mata Kuliah Termodinamika. Jurnal Exacta, 49-55.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rahayu, S. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar,Hasil Belajar Fisika dan Motivasi Belajar Sisiwa SMAN 01 Muko-Muko.

Kurniawan, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Berbantukan Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Seluma Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jakarta.

Suprayanti, Ida; Ayub, Syahrial; Rahayu, Satutik. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi.

Jihad, A. H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Putri, U. D., & Suliyanah. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Kumparan Fisika terindeks

Jurnal Kumparan Fisika
diterbitkan oleh UNIB PRESS Universitas Bengkulu
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Email : jkf@unib.ac.id

Lokasi Sekretariat Jurnal Kumparan Fisika