Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Cooperative Problem Solving dengan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa dan menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran Cooperative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Negeri 1 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah experiment research dengan desain posttest-only control design untuk mengukur hasil belajar siswa dan desain penelitian one group pretest postest design untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling yang diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1PA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan Pembelajaaran Cooperative Problem Solving dan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa dengan thitung = 0.9138<ttabel =1.9983. Sedangkan penggunaan pembelajaran Cooperative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Kepahiang berpengaruh kuat dengan perhitungan effect size yaitu 5.779.
Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Putri, D. H., Sutarno, & Risdianto, E. (2017). Pengembangan Model Dual Mode Laboratory-Based Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Calon Guru Fisika. Penelitian Pendidikan Fisika, 8.
- Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User’s Manual. University Of Minnesota: National Science Foundation.
- Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika Dengan Model Cooperative Problem Solving (Cps). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3.
- Sihaloho, I. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dengan Penerapan Metode Cooperative cooperative problem solving (CPS) Pada Konsep Energi Dan Perubahannya Di Kelas VIIIA SMPN 10 Kota Bengkulu. Bengkulu: Tidak Dipublikasikan.
- Kulsum, U., & Nugroho. (2014). Jurnal Pendidikan Fisika. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika, 74.
References
Putri, D. H., Sutarno, & Risdianto, E. (2017). Pengembangan Model Dual Mode Laboratory-Based Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Calon Guru Fisika. Penelitian Pendidikan Fisika, 8.
Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User’s Manual. University Of Minnesota: National Science Foundation.
Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika Dengan Model Cooperative Problem Solving (Cps). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3.
Sihaloho, I. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dengan Penerapan Metode Cooperative cooperative problem solving (CPS) Pada Konsep Energi Dan Perubahannya Di Kelas VIIIA SMPN 10 Kota Bengkulu. Bengkulu: Tidak Dipublikasikan.
Kulsum, U., & Nugroho. (2014). Jurnal Pendidikan Fisika. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika, 74.