Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa  dengan model pembelajaran Siklus Belajar tipe 5E. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X IPA 3 SMAN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 23,5 dalam kategori sangat baik, pada siklus II sebesar 27,5 dalam kategori sangat baik, pada siklus III sebesar 29,5 dalam kategori sangat  baik. Penguasaan konsep dinilai berdasarkan hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,8 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 62,5% (belum tuntas), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,5 dan ketuntasan belajar sebesar 75% (tuntas), kemudian meningkat pada siklus III dengan perolehan nilai rata-rata 85,3 dan ketuntasan belajar sebesar 87,5%(tuntas). Skor rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 5,90 dengan kategori sedang, meningkat pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata 6,67 dengan kategori sedang, dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 6,92 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar tipe 5E dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, motivasi belajar siswa dan penguasaan konsep fisika siswa.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5E, Aktivitas Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Penguasaan Konsep.

Article Details

How to Cite
Limbong, C., Rohadi, N., & Hamdani, D. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TIPE 5E DI KELAS X IPA 3 SMAN 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 33–40. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.33-40

References

  1. Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Reka Cipta.
  2. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  3. Sardiman, A. M. (2016). Interakksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
  4. Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  5. Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial " Facebook" Pada Matakuliah Termodinamika. Journal Exacta, 49-52.
  6. Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset
  7. Rosidi, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik . Jurnal Teknik Elektro .
  8. Rusman. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  9. Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Adiatama.
  10. Ditriguna, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 5 Pendung