Main Article Content

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kecerdasan intelektual kelas XI IPA, (2) mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA, dan (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan regresi linier sederhana. Populasi adalah siswa Kelas XI IPA, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan kelas XI IPA 5, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 78 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes IQ yang diperoleh dari dokumentasi sekolah dan hasil belajar fisika merupakan data hasil Ujian Akhir Semester (UAS) tahun pelajaran 2017/2018. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan kecerdasan intelektual (X) sebagai variabel independent dan hasil belajar fisika  (Y) sebagai variabel dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan intelektual siswa  kelas XI IPA pada kategori normal rata-rata (55,13 %). Nilai hasil belajar fisika adalah 90% siswa memperoleh nilai dibawah KKM (75), hasil ini merupakan data nilai mentah dari ujian akhir semester. Berdasarkan uji statistik diperoleh rxy (0,639)  >  rtabel (0,227),  Fhitung  (7,0286) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi 5% (0,05). Variabel kecerdasan intelektual memberikan sumbangan 40,8 % terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA. Sedangkan 59,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum terungkap dalam penelitian ini. Disimpulkan bahwa terdapat korelasi  positif yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 01 Bengkulu Utara tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : metode korelasional, kecerdasan intelektual,  hasil belajar fisika

 

Article Details

How to Cite
Sari, P. E., Koto, I., & Sakti, I. (2019). HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 49–56. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.49-56

References

  1. Sadulloh, U. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
  2. Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Dimyati dan mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Stein, R. J. (2010). tes EQ 20 Tes Mandiri Untuk Mengetahui dan Memaksimalkan Potensi EQ Anda. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
  6. Winarni, E. w. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
  7. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Riduan, S. d. (2014). Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
  9. Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  10. Astuti, A. (2006). Hubungan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Skripsi: Universitas Bengkulu.
  11. Goleman, D. (2007). Emotional Intelligence. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.