Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan R&D level 1 yang dilaksanakan dalam lima tahap yaitu potensi masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan desain teruji. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) mengidentifikasi tingkat kebutuhan bahan ajar E-Modul dan media pembelajaran dan 2) mengembangkan modul pembelajaran elektronik berbantuan simulasi PhET pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana di SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket siswa dan guru, dan lembar angket uji validitas oleh tim ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, modul pembelajaran elektronik berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid dan merupakan desain teruji dengan perolehan skor pada aspek materi yaitu 92,3%, aspek bahasa yaitu 91,7% dan aspek media yaitu 94,2%, serta didapatlah perolehan skor persentase total rata-rata modul pembelajaran elektronik ini yaitu 92,7%. Berdasarkan hasil dengan penambahan daftar isi, sajian isi modul, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, materi, contoh soal, lembar kerja siswa dengan bantuan simulasi PhET, latihan soal dan kunci jawaban soal, kemudian terdapat gambar, video, simulasi serta animasi yang menarik maka dihasilkan modul elektronik berbantuan simulasi PhET pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana di SMA.

 

Kata Kunci: Bahan ajar fisika, modul elektronik, simulasi PhET, penelitian dan pengembangan

 

ABSTRACT

 

This research was level 1 R & D which was carried out in five stages, namely potential problems, literature studies and information gathering, product design, validated design and design. The objectives of this research and development were: 1) identifying the level of need for E-Module teaching materials and learning media and 2) developing electronic learning modules assisted by PhET simulation on the subject of simple harmonic motion in high school. The instruments used in this study were observation sheets, student and teacher questionnaire sheets, and questionnaire validity test sheets by the expert team. The results of this study indicated that the teaching materials used at the Bengkulu City Senior High School in the form of printed teaching materials and that were obtained from schools, then there was a lack of use of ICT-based learning media. Furthermore, the PhET simulation assisted electronic learning module developed was in a very valid category and is a tested design with the acquisition of scores on material aspects namely 92.3%, language aspects namely 91.7% and media aspects namely 94.2%, and obtained the percentage score for the total average of this electronic learning module is 92.7%. Based on the results of adding the table of contents, presenting module contents, module usage instructions, learning objectives, material, sample questions, student worksheets with the help of PhET simulations, practice questions and answer key questions, then there are interesting images, videos, simulations and animations then generated electronic module with PhET simulation on the subject of simple harmonic motion in high school.
 

Keywords: Physics teaching materials, electronic modules, PhET simulations, research and development

Article Details

How to Cite
Oktaviana, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2020). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA POKOK BAHASAN GERAK HARMONIK SEDERHANA DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.131-140

References

  1. Risdianto E. Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I. J Exacta. 2008;VI(2):9–16.
  2. Swandi A, Hidayah S, Irsan. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu , Jeneponto. J Fis Indones. 2014;XVIII(April):20–4.
  3. Prihatiningtyas S, Prastowo T, Jatmiko B. Implementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. J Pendidik IPA Indones. 2013;2(1):18–22.
  4. Afiana E. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan simulasi Phet pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas di Ma. Digit Repos Univ Jember. 2017;6.
  5. Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan “Research and Development” Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta; 2017.
  6. Asysyakur AA. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Software Tracker Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar. 2017;
  7. Sudijono A. Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Perkasa; 2009.
  8. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran FlipBook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal IV). Jakarta; 2015. p. 49–54.
  9. Ulandari F, Wahyuni S, Bachtiar R. Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Harmonis Di SMAN Balung. J Pembelajaran Fis. 2018;7:15–21.
  10. Wibowo EDI. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. 2018;