Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan peserta didik yang diajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika dan mendeskripsikan berapa besar pengaruh model inkuiri terbimbing tehadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan di kelas eksperimen dan berdasarkan uji hipotesis dengan thitung > ttabel (7.10059 > 1.66827) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika. Besar effect size model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 3,208 dengan pengaruh 94,2%.

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

This study aims to describe whether there was a significant effect of students taught with guided inquiry models on critical thinking skills in physics subjects and how much effect the guided inquiry model has on students' critical thinking skills. The research was a quasi-experiment with a nonequivalent control group design. The results of the descriptive analysis obtained an average score of critical thinking skills increased in the experimental class and based on the results of the hypothesis test with tcount > ttable (7.10059 > 1.66827),  it can be concluded that there is a significant effect of learning with guided inquiry models on critical thinking skills in the physics subjects. The effect size of the guided inquiry model on critical thinking skills is 3.2 with an effect of 94.2%.

 Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking Skills                                                             

Article Details

How to Cite
Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 79–84. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84

References

  1. Daryanto dan Karim, S., 2017, Pembelajaran Abad 21, Gava Media, Yogyakarta, diakses dari www.gavamedia.net
  2. Arini, W. dan Juliadi, F, 2018, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA NEGERI 4 Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Berkala Fisika Indonesia, No. 1, Vol. 10, 1–11. Diakses dari http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/download/9485/4577
  3. Amijaya, L. S., Ramdani, A., dan Merta, I. W., 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pijar MIPA, No. 2, Vol. 13, 94–99. Diakses dari http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
  4. Anggraini, N.D., Purwanto, A., dan Sakti, I., 2018, Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas X IPA SMAN 3 Bengkulu Tengah, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, 20-27.
  5. Handriani, L. S., Harjono, A., dan Doyan, A., 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 3, Vol. 1, 210–220.
  6. Darmadi, H., 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  7. Diani, R., Yuberti, dan Syafitri, S., 2017, Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, No. 2, Vol. 5, 265. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
  8. Cohen, J., 1988, Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (Second Edition), Lawrence Erlbaum Associates, New York. Diakses dari http://www.utstat.toronto.edu/~brunner/oldclass/378f16/readings/CohenPower.pdf
  9. Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni., 2018, Buku pengangan Pembelajaran Beroriantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (D. J. G. dan T. Kependidikan, Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Diakses dari http://www.academia.edu/37451703/BUKU_PEGANGAN_PEMBELAJARAN_BERORIENTASI_PADA_KETERAMPILAN_BERPIKIR_TINGKAT_TINGGI
  10. Abidin, Y., 2014, Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Refika Aditama, Bandung.
  11. Respatiningrum, N., Sunardi dan Akhyar, M., 2010, Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA, Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret, 132–137, Solo.
  12. Nurmayani, L., Doyan, A., dan Verawati, N. N. S. P., 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 1, Vol. 4, 98-104. Diakses dari http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i1.548
  13. Solihin, M. W., Prastowo, S. H. B., dan Supeno, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 3, Vol. 7, 299–306. Diakses dari https://doi.org/10.19184/jpf.v7i3.8604
  14. Nadeak, I. R. dan Tarigan, R., 2015, Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri I Batang Kuis. Inpafi, No. 4, Vol. 3, 77–84. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/download/5390/8162