Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar, kemampuan siswa membuat Mind Mapping, dan  hasil belajar siswa dengan model Direct Instruction berbasis Mind Mapping pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Kepahiang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk melihat minat belajar siswa, lembar test untuk melihat hasil belajar siswa dan lembar tugas untuk melihat kemampuan siswa membuat Mind Mapping. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada penelitian pertemuan 1 diperoleh hasil belajar siswa dalam kategori sangat kurang. Pertemuan 2 diperoleh hasil belajar siswa dalam  kategori sangat kurang. Pada pertemuan 3 diperoleh hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil angket minat pada pertemuan 1 rata-rata persentase minat belajar dalam kategori kurang. Pada pertemuan 2 persentase rata-rata minat belajar Siswa dalam kategori kurang. Pada pertemuan 3 persentase rata-rata minat belajar siswa dalam kategori baik. Berdasarkan hasil lembar tugas membuat mind mapping pada pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata kelas dalam kategori sangat kurang. Pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata dalam kategori baik. Pada pertemuan 3 diperoleh skor rata-rata kelas siswa dalam kategori baik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Minat Belajar, Hasil Belajar, Mind Mapping.

  ABSTRACT 

This study aims to describe student’s interest, ability in making mind mapping, and learning outcomes of students with a mind mapping based direct learning model in science learning in SMPN 3Kepahiang. The research method used was descriptive qualitative. The research subjects were students of class VII D SMP Negeri 3 Kepahiang 2018/2019 school year who received 25 students. The technique of collecting data using a questionnaire to see student learning interests, test sheets to see student learning outcomes and task sheets to see the ability of students to make mind mapping. Based on the results of testing in the first meeting research obtained student learning outcomes in the very less category. The second meeting obtained student learning outcomes in very fewer categories. In the third meeting, the students' learning outcomes were obtained in a very good category. Based on the results of the questionnaire interest in the first meeting the average percentage of interest in learning in the category was less. At the second meeting, the percentage of students' average interest in learning is in the less category. At the third meeting, the percentage of students' average interest in learning is in a good category. Based on the results of the assignment sheet making mind mapping at the first meeting, the average score in the category is very bad. The second meeting obtained an average score in the good category. At the third meeting, the average score of the students in the good category was obtained.

 

Keywords: Direct Instruction Learning Model, Learning Interest,Learning Outcomes, Mind Mapping

Article Details

How to Cite
Wulandari, A., Connie, C., & Risdianto, E. (2020). DESKRIPSI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 3 KEPAHIANG. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 51–58. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.51-58

References

  1. Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Group, Jakarta.
  2. Swadarma, D., 2013, Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran, Kompas Gramedia, Jakarta.
  3. Deporter, B. dan Hernacki, M., 2016, Quantum Learning, PT Mizan Pustaka, Bandung.
  4. Buzan, T., 2005, Buku Pintar Mind Map, Gramedia, Jakarta.
  5. Ahmadi, A., 2009, Psikologi Sosial, Rineka Cipta, Jakarta.
  6. Djaali, 2008, Psikologi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
  7. Nafsi, A. Z., Budiningarti, H., dan Martini, 2013, Penerapan Model Direct Instruction dengan Teknik Mind Mapping pada Tema Perkaratan Logam Besi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, No. 2, Vol. 1, hal. 110-117.
  8. Venisari, R., Gunawan, dan Sutrio, 2015, Penerapan Metode Mind Mapping Pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 3, Vol. 1, hal 193-198.
  9. Winarni, Rusijono, dan Subrto, W. T., 2015, Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS materi pokok perkembangan teknologi di Kelas Iv SD Karen Bantul, Jurnal Review Pendidikan Dasar, No. 1, Vol. 1, hal. 35-42.
  10. Saputro, L.E. dan Airlanda, G. S., 2019, Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Tema 4 Subtema 1 dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa SD Kelas 4, Jurnal Basicedu, No. 1, Vol. 3, hal. 11-15