Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa penuntun praktikum Fisika Dasar II dengan menggunakan teknologi augmented reality pada materi rangkaian listrik dan optik geometris yang valid serta untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai penuntun praktikum tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan Define, Design, dan Develop. Hasil uji validitas aspek isi didapatkan hasil persentase sebesar 80% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 79,17% dengan kategori sangat baik,  aspek kepraktisan sebesar 90,48% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa 98%,  dan aspek keterkaitan materi dengan media sebesar 86,11% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum Fisika Dasar II menggunakan teknologi augmented reality pada materi rangkaian listrik dan optik geometris yang dikembangkan sudah valid dan teruji dengan persentase rata-rata uji validitas yaitu 86,74% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Respon tanggapan yang diberikan mahasiswa terhadap penuntun praktikum tergolong baik, terlihat dari antusias penggunaan media augmented reality pada saat praktikum.

Kata  kunci:  Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum, Augmented Reality


This research was aimed to produce a Valid Practicum Guide Modul of Second Basic Physics by using augmented reality technology in the material of electric circuits and geometric optics, as well as to find out student responses about that. This research was a type of development research (Research and Development) with four stage, namely Define, Design, and Develop. The content aspect validity test results obtained 80% with very good categories, presentation aspects as much as 79.17% with very good categories, practical aspects were 90.48% with very good categories, aspects of the language was 98% and material related aspects of the media amounting to 86.11% with a very good category. Based on these results, it can be concluded that the Practicum Guide Modul of Second Basic Physics using augmented reality technology in the material of electrical circuits and geometric optics has been valid and tested with the average percentage of validity test, 86.74%, which was included in the excellent category. Responses given by students to the practicum guide modul was classified as good, seen from the enthusiastic of using of augmented reality media at the time of practicum.

Keywords: Development Research, Practical Guide, Augmented Reality

Article Details

How to Cite
Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR II MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DAN OPTIK GEOMETRIS. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.91-98

References

  1. Matsun, M., Ramadhani, D., dan Lestari, 2018, Perancangan Media Pembelajaran Listrik Magnet Berbasis Android Diprogram Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, No. 1, Vol. 7, 107-117.
  2. Ibrahim, R., 2013, Pendidikan Multikultural: Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, No. 1, Vol. 7, 129–154.
  3. Pai, Y. S., Yap, H. J., Md Dawal, S. Z., Ramesh, S., dan Phoon, S. Y., 2016, Virtual Planning, Control, and Machining for a Modular-Based Automated Factory Operation in an Augmented Reality Environment, Scientific Reports. https://doi.org/10.1038/srep27380
  4. Arifah, I., Maftukhin, A., dan Fatmaryanti, S. D., 2014, Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014, Radiasi, No. 1, Vol. 5, 24-28. https://doi.org/10.1177/1477370812440064
  5. Wahyuni, S., 2015, Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP, Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. No. 2, Vol. 20, 196-203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585
  6. Gusmida, R., Rahmad, M., & Islami, N., 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Teori Kinetik Gas SMA Kelas XI, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, No. 2, Vol. 3, 1–12. Retrieved from http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/11398
  7. Ali, M, 2009, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Meda Elektromagnetik. Jurnal Edukasi @Elektro, No. 1, Vol. 5. https://doi.org/10.1177/0964663912467814
  8. Sugiyono, 2017, Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D), Alfabeta, Bandung.
  9. Sugiyono, P., 2017, Metode Penelitian & Pengembangan “Research and Development” Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik, Alfabeta, Bandung.
  10. Hayati, S., Budi, A. S. dan Handoko, E., 2015, Pengembangan Media Pembelajaran FlipBook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), Vol. IV, 49–54, UNJ, Jakarta, Oktober 2015.
  11. Risdianto, Eko, 2008, Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I, Jurnal Exacta, Vol. VI.
  12. Risdianto, Eko, 2018, Pengembangan Blended Learning Berbasis Web dan Augmented Reality, Jurnal Atlantis Press, Vol. 295.
  13. Marianda, Johar, dan Risdianto, 2014, Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya pada Mata Pelajaran Fisika SMP Kelas VIII. Jurnal Rekursif, Vol. 2.