PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

Ramadhanty Mashama Putri(1), Eko Risdianto(2), Nyoman Rohadi(3),
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pempelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam lima tahap yaitu, penentuan potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan data informasi, desain produk, validasi desain dan desain teruji. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru dan siswa, lembar angket uji validasi tim ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81% yang memiliki reliabilitas tinggi dengan skor 0,86 pada aspek materi, 0,41 pada aspek bahasa dan 0,82 pada aspek media. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dihasilkan suatu media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana yang memiliki tanggapan yang positif oleh guru dan siswa yaitu dengan persentase 84 % dan 85 % dan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media, Adobe Captivate, Gerak Harmonik Sederhana

This study aims to develop an interactive learning media by using Adobe Captivate on simple harmonic motion. The research was development research carried out in five stages namely define potential and problems, study of literature and data collection of information, product design, validation of designs and proven designs. The instruments used in this research were observation sheets, teacher and student questionnaire sheets, questionnaires, validation tests, expert teams. The results of this research indicated that interactive learning media using Adobe Captivate in simple harmonic motion which developed was included in the very valid category with a percentage of 81% which have high reliability with a score of 0.86 in the material aspect, 0.41 in the aspect of language and 0, 82 on the media aspect. Based on the results and discussion, an interactive learning media was produced by using Adobe Captivate on simple harmonic motion material that had a positive response by teacher and students with a percentage of 84% and 85% and was feasible to use.

Keywords: Research Development, Media, Adobe Captivate, Simple Harmonic Motion


Full Text:

PDF

References


Permendikbud, 2013, Undang - Undang Nomor 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Lianawati dan Dhiah, F., 2017, Pengembangan Media Adobe Captivate pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMA Negeri 18 Surabaya, Jurnal Pendidikan Ekonomi, No. 3, Vol. 5, 1-7.

Marianda, G., Johar, A., dan Risdianto, E., 2014, Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya pada Mata Pelajaran Fisika SMP Kelas VIII, Jurnal Rekursif, No. 2, Vol. 2, 112-120.

Johar, A., Risdianto, E., dan Indriyati, D., 2014, Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis WEB pada Bidang Studi Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL, Jurnal Rekursif, No. 1, Vol. 2, 1-9.

Dwipangestu, R., Afrizal, M., dan Nyoman, R., 2018, Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi, Jurnal Kumparan Fisika, No. 1, Vol. 1, 48-55.

Wiana, W., 2017, Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format, International Journal Of Scientific & Technology Research, No. 5, Vol. 6, 102-108.

Herdyansyah, E., dan Agung, Y., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Adobe Captivate 9 Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X TAV di SMK NegeriI 1 Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, No. 1, Vol. 6, 77-83.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) untuk Bidang Pendidikan, Menejemen, Sosial dan Teknik, Alfabeta, Bandung.

Presetyo, Y., dan Yudha Anggana, A., 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘Berbasis Adobe Captivate 8 pada Mata Pelajaran Software Aplikasi Program dan Gambar ‘di SMK Negeri 1 Driyorejo-Gresik, No. 3, Vol. 5, 1045-1051.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id