Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia Director pada materi usaha dan energi kelas X, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia Director pada materi usaha dan energi kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) level 1 yang dilaksanakan dalam lima tahap yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Validasi desain menggunakan angket dan dilakukan oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang berada dalam katergori sangat valid yaitu didapatkan penilaian pada aspek materi dengan presentase 89,58% dinyatakan pada tingkat yang valid, kemudian pada aspek media dengan presentase 84,37% dinyatakan pada tingkat yang valid, dan aspek bahasa dengan presentase 93,33% dinyatakan pada tingkat yang valid. Sehingga didapat bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia Director pada materi usaha dan energi kelas X dikategorikan valid dengan nilai rata-rata 89%.

Kata Kunci: Macromedia Director, Multimedia Interaktif, Penelitian Pengembangan 

ABSTRACT 

This research was aimed to (1) produce learning media based on interactive multimedia that using macromedia Director on business and energy material at the grade X, (2) describe properness of developing interactive based multimedia learning that using macromedia director in effort and energy material of tenth grade. The type of this research was level 1 of research and development (R&D) was done in five stages namely, potential and problems, literature study and information gathering, product design, design validation, and proven design. Design validation used questionnaires for expert. The result of this research showed that learning media based on interactive multimedia was categoried in valid category for material aspect assessment in percentage 89,58% and then on the media aspect in 84,37% was categoried in valid level, dan language aspect in percentage 93,33% was categoried in valid level. So that it was found that interactive multimedia based learning media using Macromedia Director on business material and energy class X was categorized as valid with an average value of 89%.

Keywords: Macromedia Director, Interactive Mutimedia, Research and Development

Article Details

How to Cite
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10

References

  1. Viajayani, E. R., Radiyono, Y, dan Rahardjo, D. T., 2013, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor, Jurnal Pendidikan Fisika, No. 1, Vol. 1, hal. 144–155.
  2. Buchori, A., dan Setyawati, R. D., 2015, Development Learning Model of Charactereducation Through E-comic in Elementary School, International Journal of Education and research, No. 9, Vol. 3, hal. 369–386.
  3. Suryani, N., 2016, Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History, Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University, No. 1, Vol. 2, hal. 131–144.
  4. Maryani, D., 2014, Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Jurnal Speed, No. 2, Vol. 6, hal. 18–24.
  5. Rizal, M. dan Warni, E., 2011, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director MX, Inspiration, No. 2, Vol. 1, hal. 1-6.
  6. Wijaya, I., dan Tanjung, F., 2017, Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran CD Interaktif Berbasis Macromedia Director MX pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis, Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, No. 2, Vol. 4, hal. 207–219.
  7. Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
  8. Sugiyono, 2017, Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Bandung.
  9. Hertanto, E., 2017, Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala, Metodologi Penelitian, hal. 1-4.
  10. Sudijono, 2009, Statistik Pendidikan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
  11. Hayati, S., Budi, A. S., dan Handoko, E., 2015, Pengembangan Media Pembelajaran FlipBook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Prosiding Seminar Nasional Fisika E-Journal, Vol. IV, hal. 49–54.
  12. Hendri, N., 2015, Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Director pada Mata Kuliah Komputer Multimedia di Jurusan KTP FIP UNP, PEDAGOGI, No. 2, Vol.. XV, hal. 1–10.
  13. Nafi’ah, U., 2014, Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Interaktif Berbasis Macromedia Director MX, Jurnal Sejarah dan Budaya, No. 2, Vol. 8, hal. 232-244.