EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Heko Akbar Ahmad(1), Desy Hanisa Putri(2), Connie Connie(3),
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan model open-ended problem terhadap  kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan tipe one group pretest postest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif  (thitung = 31,47 lebih besar dari ttabel = 1,69) dan kemampuan pemecahan masalah siswa (thitung = 4, 95 lebih besar dari ttabel = 1,69) yang diajarkan menggunakan model open-ended problem   untuk variabel kemampuan berpikir kreatif dan  variabel kemampuan pemecahan masalah. Dengan hasil uji N-gain sebesar 0,74 untuk kemampuan berpikir kreatif dan 0,63 untuk uji N-gain pada kemampuan pemecahan masalah sehingga dapat disimpulkan bahwa model open-ended problem  efektif diterapkan pada kemampuan berpikir kreatif dan kemampaun pemecahan maalah siswa.

 Kata kunci : Open-Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah

 

This research was aimed to explain how the effectiveness of using the open-ended problem model  on creative thinking skills and problem solving abilities. The type of this research was Pre Experimental Design with one group pretest posttest design. The results showed that there was a significant effect on creative thinking skills (tcount = 31.47 which is greater than ttable = 1.69) and students' problem solving abilities (tcount = 4, 95 which is greater than ttable = 1.69), who were taught to use the open-ended problem model for creative thinking ability variables and problem solving ability variables. With the results of the N-gain test of 0.74 for the creative thinking skills and 0.63 for the N-gain test on problem solving abilities, it can be concluded that the open-ended problem model is effectively applied to creative thinking skills and students' problem solving abilities.

 Keywords: Open-Ended Problem, Creative Thinking Skills, Problem Solving Ability

 


Full Text:

PDF

References


Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Wijaya, S.A., Medriati, R., dan Swistoro, E., 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, 28-35.

Hotman, R.S., Koto, I., dan Rohadi, N, 2018, Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Berbantuan Media Virtual PHET terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, 51-56.

Shoimin, 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, AR-RUZZ MEDIA Yogyakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pelaksanaan Praktik, Edisi Revisi VII, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Riduwan dan Sunarto, 2014, Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Suprijono, A., 2010, Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pelaksanaan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Putri, H.D. dan Sutarno, M., 2012, Model Kegiatan Laboratorium Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Gelombang dan Optik untuk Meningkatkan Ketermapilan Proses Sains Mahasiswa, Jurnal Exacta.

Fatimah, 2017, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 2 Bireuen pada Materi Kalor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Open-ended Problem (Masalah Terbuka), Jurnal Pendidikan Almuslim, No. 2, Vol. 2, 85–90.

Suwandi, dkk, 2016, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Jurnal Pendidikan Progresif.

Jacobsen, David A., Eggen, P., dan Kauchak, D., 2009, Methods for Teaching (Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. Terjemahan) Edisi 8, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Gafur, I.M., Sudia, M., dan Hasnawati, 2015, Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Open-Ended Siswa Kelas VII-2 SMPN 3 Kulisusu Melalui Pendekatan Pengajuan Masalah Pada Pokok Bahasan Segi Empat, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, No. 1, Vol. 3, 75-90.

Rahmawati R., 2013, Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak Kabupaten Indragari Hilir, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.73-78

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id