PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Safri Daryanti(1), Indra Sakti(2), Dedy Hamdani(3),
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pengaruh model Problem Solving berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar fisika dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pembelajaran model Problem Solving berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design dan one group pretest-posttest design. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ( pada taraf signifikan 5%) dan (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS dengan adanya kenaikan hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diajarkan dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS sebesar 44,08. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model Problem Solving berorientasi HOTS terhadap hasil belajar fisika dan meingkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Kata Kunci: Problem Solving, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Hasil Belajar Fisika, Kemampuan Pemecahan Masalah


This research aimed to (1) find the effect of HOTS-oriented Problem Solving models on physics learning outcomes and (2) describe the Problem Solving abilities of students with HOTS-oriented Problem Solving learning models. This type of research was a Quasi Experiment Research with type of nonequivalent control group design and one group pretest-posttest design. The results of the research showed that (1) there are significant differences in learning outcomes between students taught by learning the HOTS-oriented Problem Solving model and students taught with conventional learning model ( at the 5% significance level) and (2) there was an increase in students' Problem Solving abilities with learning HOTS-oriented Problem Solving model with an increase in the results of the student's Problem Solving ability tests after being taught with learning HOTS-Oriented Problem Solving models, 44.08. Based on results of research, it can be concluded that there is an influence of HOTS-oriented Problem Solving learning model on physics learning outcomes and improve students Problem Solving abilities.
 
Keywords: Problem Solving, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Physics Learning Outcomes, Problem Solving Abilities


Full Text:

PDF

References


Ariyana,Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni, 2018, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Diektorat Jendral Guru dan tenaga Kependidikan Kemendikbud, Jakarta.

Rimadani, E., Parno, dan Diantoro, M., 2014, Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMA pada Materi Suhu dan Kalor, Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM I, 108-112, Semarang.

Aqib, Z., dan Mutadlo, 2016, Kumpulan Metode pembelajaran kreatif dan Inovatif, PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Hijrawati, Khaeruddin, dan Nurlina, 2013, Upaya Meningkatkan Hasil belajar Fisika Melalui Model pemecahan Masalah (Problem Solving) pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Sungguminas, Jurnal Pendidikan Fisika.

Warimun, E. S., 2017, Peningkatan Keterampilan Problem Solving Mahapeserta didik Melalui Pembelajaran dengan Model Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Benda tegar, Prosiding Seminar Magister Pendidikan Dasar, 113-119, Bengkulu.

Widiyanto, M.A., 2013, Statistik Terapan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfa Beta, Bandung.

Handayani, R., dan Priatmoko, S., 2012, Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas X, Inovasi Pendidikan Kimia, No. 2, Vol. 6.

Purwanto, A., 2012, Kemampuan Berpikir Logis Peserta didik SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inquiri Terbimbing dalam pembelajaran Fisika, Jurnal Exacta, 133.

Sutrisno, K.A., Swistoro, E., dan Medriati, R., 2018, Pengaruh Model Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Fisika di Kelas XI MAN 1 Kepahiang, Jurnal Kumparan Fisika, No.3, Vol. 1, 45-50.

Handayani, M.W., Swistoro, E., dan Risdianto, E., 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan PemecahanMasalah Peserta didik Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, 36-44.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.65-72

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id