Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis E-Modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam lima tahapyaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Sampel atau sumber data penelitian ini yaitu guru fisika dan siswa SMAN 2 Kota Bengkulu kelas X MIPA D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru dan siswa, lembar angket uji validasi tim ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis e-Modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan merupakan desain teruji karena mendapatkan respon positif dengan persentase total uji validitas yaitu 80,6% dan serta memiliki reliabilitas tinggi pada validitas aspek isi dan penyajian dengan nilai koefisien sebesar 0,9 dan  0,88, aspek bahasa nilai koefisien 0,79 dengan kategori sangat tinggi, dan reliabilitas aspek media 0,91 dengan kategori sangat tinggi.Berdasarkanpenelitian pengembangan dan pembahasanyang dilakukan,didapatlahdesainbahanajarfisikaberbasise-modul padamateri momentumdi SMAN 2 KotaBengkuluyangvalid dan reliable. 

Kata Kunci: Bahan Ajar Fisika, E-Modul, Momentum, Penelitian pengembangan.

ABSTRACT 

This research aimed to develop physics teaching materials based on E-module. This research was is a development research conducted in five stages, namely potention and problem, literature study and information gathering, product design, design validation, and tested design .The sample or data source of this research were the Physic Teacher and Student of SMAN 2 Bengkulu, class of X MIPA D. The instruments used in this research are observation sheet, teacher and student questionnaire, test questionnaire of expert team validation test. The results showed that the e-module based physics teaching materials developed included in the category good validity and as a tested design for getting a positive response with the percentage of total validity test is 80.6% and also had reliability on the content aspect and served with coefficient value equal 0.9 and 0.88, the coefficient value language aspect 0.79 with category very high reliability and reliability media aspect 0,88 with category very high. Based onresearchdevelopmentanddiscussionconducted,resulting ofe-modulematerial design on momentum material at SMAN 2 Bengkuluwas valid and reliable.

Keywords: Physics Teaching Material, E-module,Momentum, Research development

Article Details

How to Cite
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). PENGEMBANGAN DESAIN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS E-MODUL PADA MATERI MOMENTUM. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 33–40. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.33-40

References

  1. Muhson, A., 2010, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, No 2, Vol. 8, hal. 1-10.
  2. Rusman, Kurniawan, D., dan Riyana, C., 2013, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rajawali Pers, Jakarta.
  3. Fitria, T. N., dan Heliawan, Y. A., 2017, Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi dalam Memahami Buku, e-Book dan Artikel/Jurnal Akuntansi Berbahasa Inggris, Jurnal Akuntansi dan Pajak, No.2, Vol. 17, hal. 1-13.
  4. Fausih, M., 2015, Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, No. 1, Vol. 1, hal. 1-9.
  5. Saepuloh, D., 2016, Perpustakaan Elektronik (E-Library) Menggunakan Calibre. Jurnal Pari, No. 2, Vol. 2, hal. 92-96.
  6. Sugiyono, 2017, Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Bandung.
  7. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  8. Sudijono, 2009, Statistik Pendidikan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
  9. Septiani, A., Syakbaniah, dan Mufit, F., 2013, Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Berbentuk Power-Point Materi Suhu dan Kalor untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA, Pillar of Physics Education, Vol. 2, hal. 49-56.
  10. Susetyo, B., 2015, Penyusunan dan Analisis Tes, PT. Refika Aditama, Bandung.
  11. Jihad, A. dan Haris, A., 2012, Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogyakarta.
  12. Suhari, 2017, Modul Fisika Elektronika SMA, SMAN 2 Bengkulu Utara, Tidak Diterbitkan.
  13. Nurjannati, N., Rahmad, M., dan Irianti, M., 2017, Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains pada Materi Radiasi Elektromagnetik, Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, No. 2, Vol 4, hal 1-11.