Main Article Content

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program penerimaan siswa baru secara online di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan dengan menggunakan model CIPP. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi program penerimaan siswa baru secara online di SMA Negeri 6 selatan Bengkulu ditinjau dari aspek konteks, masukan, proses dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan metode kualitatif, karena dalam penelitian ini hanya akan mengevaluasi evaluasi program penerimaan siswa baru secara online di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, operator, dan panitia PPDB di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan observasi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, karena data yang diperoleh berupa kumpulan kata-kata yang disusun menjadi teks diperluas dan tidak menggunakan perhitungan matematis atau statistik sebagai alat analisis. Pembahasan evaluasi program penerimaan siswa baru secara online di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan dengan urutan sebagai berikut: Evaluasi konteks dilakukan dengan menilai kebutuhan yang belum terpenuhi, tujuan yang ingin dicapai, dan kondisi lingkungan, digunakan masukan evaluasi dengan menilai yang ada. sumber daya, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan program. Proses evaluasi dilakukan dengan jalur afirmasi, zonasi dan pencapaian, sedangkan evaluasi produk dilakukan dengan menilai kesesuaian fasilitasi sekolah dengan jalur pendaftaran PPDB online ketiga

Keywords

PPDB Evaluasi Penerimaan Siswa Baru

Article Details

References

  1. Admodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan. PT Ardadizya, Jakarta
  2. Arikunto, 2004, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kelima, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Arikunto , S. 1988. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta
  5. Anas, Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada
  6. Adiwisastra, J. Irawati, I. and Purwanti, D. 2018. Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan, Jurnal Dinamika, 5(4):17
  7. Ardhi, Mohamad Imam. 2014. Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Yogyakarta: TesisProgram Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, http:// eprints.uny.ac.id/12561,diunduh pada 5 April 2019.
  8. Borg, W.R. & Gall, M.D (1983). Educational Research: Longman, New York London
  9. Guba dan Lincoln dalam Hamid Hasan (2008: 35&38-39)
  10. Bernard, Malcolm. 2021. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra
  11. Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Gall, Meredith D., Gall, Joyce dan Borg, Walter R. 2007. Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education
  13. Hamalik, Oemar.(2001). Proses Belajar Mengajar. Jakaarta: Bumi Aksara
  14. Hamid Hasan, S. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
  15. Hamilton. (2001). Hasil Belajar Merupakan Kemampuan yang Ditunjukkan dalam Penampilan yang Tetap Sebagai Akibat dari Proses yang Terjadi. Jakarta : Bumi Aksra.
  16. Herek, French, 1982, The Dictionary of Managament, London: Pans Book
  17. H.M. Syahirman Yusi dan Umiyati Idris, 2009, Metodelogi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantiitatif. Jakarta:Citrabooks Indonesia
  18. Ibrahim, Muhamad. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  19. Kaire Põder, Triin Lauri & Andre Veski. 2016. Does School Admission by Zoning Affect Educational Inequality? A Study of Family Background Effect in Estonia, Finland, and Sweden, Scandinavian Journal Of Educational Research, http://dx.doi.org/10.1080/00313831.2016.1173094
  20. Kohler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT Prehallindo
  21. Mahmudi, I. 2011. CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan, Jurnal At-Ta’dib, 6 (1):115
  22. Murwaningsih, Tri. Perencanaan dan Pengawasan. Cetakan Kesatu. Surakarta: UNSPress, 2009
  23. Marini, K. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Sma Negeri Di Kota Bandar Lampung, Skripsi: UNILA Lampung. Diakes
  24. Muyararoh & Sutrisno. 2014. Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren, Jurnal Penelitian dan Evaluasi,18 (2): 213-235
  25. Prasetyo, J. 2018. Evaluasi Dampak Kebijakan Sistem Zonasi PPDB Terhadap Jarak Tempat Tinggal Dan Biaya Transportasi Pelajar SMA Di DIY. Tesis. Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/
  26. McMilan,J.H & Schumacher S. (2010). Research in Education. New Jersey: Pearson Education.
  27. Sudjana. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rieneka Cipta
  28. Soebagio, Atmodiwiro.2000. Manajemen Pendidikan. PT Ardadizya, Jakarta.
  29. Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara
  30. Stephen, Isaac dan Wiliam B, Michael. (1981). Hand Book in Research and Evaluation, 2nd Edition. San Diego, California: Edit Publishers
  31. Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja rosdakarya
  32. Stufflebeam, Daniel L. The CIPP For Evaluation, dalam Daniel L. Stufflebeam, dkk (eds), Evaluation in Education and Human Service, Boston: Kluwer Academic Publisher, 2002
  33. Supahar., Asfaroh, J.A., Rosana, D. 2017. Development of CIPP Model of Evaluation Instrument on the Implementation of Project Assessment in Science Learning, International Journal of Environmental and Science Education (IJESE), 12 (1): 78-92
  34. Supahar., Kurnia,F., Rosana, D. 2018. Developing evaluation instrument based on CIPP models on the implementation of portfolio assessment, AIP Conference Proceedings
  35. Suparyono, Ipar. 2011. Analisis Sistem Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru Oonline SMA Negeri Provinsi DKI Jakarta. Jakarta: Tesis Universitas Gunadarma, http://library.gunadarma.ac.id//repository/view/3752285/analisis-sistemadministrasi penerimaan-peserta-didik-baru-onlinesmanegeri-provinsi-dki-jakarta.html.diunduh pada 2 Juni 2019
  36. Stufflebeam, D.L, Madaus G.F, dan Kellagham, T. (2000). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation : New York: Kluwer Academic Publishers
  37. ufflebeam, D. L. 2003. The CIPP Model for Evaluation: the Article Presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN) 3 October 2003 (online). (http://www.wmich.edu, diakses 18 Juli 219).