Pengaruh Implementasi Teknik Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Dewi Tumatul Ainin(1), Yuli Amaliyah(2), Mardiana Mardiana(3),
(1) STAI Ahsanta Jambi, Indonesia
(2) STAI Ahsanta Jambi, Indonesia
(3) STAI Ahsanta Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik Team Quiz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 132/IV Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 132/IV Kota Jambi yang berjumlah 62 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan teknik Team Quiz  berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 95% dimana hasil yang diperoleh menyatakan bahwa t hitung > t tabel. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Implementasi pembelajaran menggunakan teknik Team Quiz terhadap tingginya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 132/IV Kota Jambi.


Keywords


hasil belajar IPA, teknik Team Quiz

References


Alwasilah, C. (2007). Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung. Kiblat.

Murdani. (2015). Penggunaan Kuis Tim untuk Meningkatkan Tanggung jawab Individu dalam Kelompok Belajar Geografi Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Jurnal PINUS, 1, 3 Oktober 2015. ISSN 2442-916.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nisa Hayati. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berfikir Analisis Peserta Didik. Journal.upi.edu/index.php/managerial, 3, 5/Juli 2018.

Saprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori and Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sitio, Satriana. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team untuk Meningktakan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran(JRPP).

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rusdakarya

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulistyawati, Nanik & Darmiyati Zuchdi. (2016). Implementasi Teknik Pembelajaran

Kolaboratif dengan Variasi Media untuk Peningkatan Hasil Belajar di SMPN 2 Kali Jambe. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN:2460-7916.

Surakhmat, W. (2016). Pengantar Interaksi Belajar. Bandung. Tarsito.

Trisnawaty, Fikria & Slameto. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 4 SD. Satya Widya, 33, 1. Juni 2017: 37-44.

Wiriasa, I Gusti Putu Jul dkk. (2017). Pengaruh Implementasi Teknik Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas VI SD Gugus I Kecamatan Kuta Selatan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 7, 1 Tahun 2017.

Wita, Stevania. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz (Kuis Kelompok) untuk meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Sewon Tahun Ajaran 2012/2013. E-Jurnal UniversitasNegeri Yogyakarta, 2, 2 Agustus 2013.




DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.%25p

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuli Amaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal PGSD indexed by :

  

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Publisher UNIB Press

Locations :