Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik Team Quiz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 132/IV Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 132/IV Kota Jambi yang berjumlah 62 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan teknik Team Quiz berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 95% dimana hasil yang diperoleh menyatakan bahwa t hitung > t tabel. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Implementasi pembelajaran menggunakan teknik Team Quiz terhadap tingginya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 132/IV Kota Jambi.

Article Details

How to Cite
Ainin, D. T., Amaliyah, Y., & Mardiana, M. (2020). Pengaruh Implementasi Teknik Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 121–128. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.121-128

References

  1. Alwasilah, C. (2007). Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung. Kiblat.
  2. Murdani. (2015). Penggunaan Kuis Tim untuk Meningkatkan Tanggung jawab Individu dalam Kelompok Belajar Geografi Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Jurnal PINUS, 1, 3 Oktober 2015. ISSN 2442-916.
  3. Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
  4. Nisa Hayati. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berfikir Analisis Peserta Didik. Journal.upi.edu/index.php/managerial, 3, 5/Juli 2018.
  5. Saprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori and Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
  6. Sitio, Satriana. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team untuk Meningktakan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran(JRPP).
  7. Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rusdakarya
  8. Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
  9. Sulistyawati, Nanik & Darmiyati Zuchdi. (2016). Implementasi Teknik Pembelajaran Kolaboratif dengan Variasi Media untuk Peningkatan Hasil Belajar di SMPN 2 Kali Jambe. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN:2460-7916.
  10. Surakhmat, W. (2016). Pengantar Interaksi Belajar. Bandung. Tarsito.
  11. Trisnawaty, Fikria & Slameto. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 4 SD. Satya Widya, 33, 1. Juni 2017: 37-44.
  12. Wiriasa, I Gusti Putu Jul dkk. (2017). Pengaruh Implementasi Teknik Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas VI SD Gugus I Kecamatan Kuta Selatan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 7, 1 Tahun 2017.
  13. Wita, Stevania. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz (Kuis Kelompok) untuk meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Sewon Tahun Ajaran 2012/2013. E-Jurnal UniversitasNegeri Yogyakarta, 2, 2 Agustus 2013.