Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pelaksanaan supervisi klinis dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan kualitatif dengan instrument yang menggunakan panduan wawancara dan praktik langsung. Adapun teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan model analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatan kinerja dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar negeri126/IX Muaro Jambi. Pembinaan guru melalui supervisi klinis dilakukan secara sistematis berkesinambungan melalui tahapan pra-observasi, observasi pembelajaran, dan pasca observasi. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru mampu bekerja secara optimal dalam melaksanakan kewajiban, tugas dan tanggung serta peranannya secara professional. Guru mampu menyusun silabus dan terampil dalam menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Melalui pendekatan supervisi klinis, guru kelas dan guru mata pelajaran mampu meningkatkan kompetensi pedagogik dalam menjalankan tugas keprofesionalannya untuk menciptakan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Nurasiah, N. (2020). Peningkatan Kinerja Guru dan Keterampilan Mengajar Melalui Pendekatan Supervisi Klinis Di SD NEGERI 126/IX MUARO JAMBI. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 112–120. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.112-120

References

  1. Anwar (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisoli Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 41 Ampenan, Jisip.
  2. Amirin, T. M. (2000). Menyusun rencana penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
  3. Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.
  4. Choliq, A. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
  5. Daryanto., Rachawati,T.(2015).Supervisi Pembelajaran. Gava Media.Controlling, Correting, Judging, Directing, Demontrasation. Yokyakarta: Gava Media.
  6. Daryono, D., & Kusuma, N. (2019). Supervisi Akademik Dengan Teknik Klinis Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Pada Sd Se- Kecamatan Gisting. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(1).
  7. Efendi, S. (2019) Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Dalam Menyusun RPP Penerapan Pendekatan Saintific Melalui Supervisi Klinis Pada SD Negeri Segugus IV Tanjung Pati Kecamatan Harau Semester Ganjil 2018/2019. Menara Ilmu.
  8. Emizar.(2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT.Raja Grafindo Persana.
  9. Gianti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui Supevisi Akademik. Schoaria.
  10. Kemendikbud. (2018). Modul Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 13.
  11. Korim, ((2017) Peran Guru Dan Pesert5a Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasi9s Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam,3, 1.
  12. Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  13. Moleong, J. (2002). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  14. Mujahid, A.(2017). Tesis Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam
  15. Upaya Peningkatan KemampuanGuru Pada Pelaksanaan Pembelajaran
  16. Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 119 Solo Kecamatan Bola
  17. Kabupaten Wajo.
  18. Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, PT Remaja Rosda karya.
  19. Nurtanto, M.Mengembangkan Kompetensi Profesinalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Berbutu. Prosiding Seminar nasional Inovasi Pendidikan.
  20. Ngaba, dkk. (2017). Pengendalian dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis, 33, 1.
  21. Nuraini, Z. (2009). Implementasi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan (Master's thesis, UNIMED Digital Repository).
  22. Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.
  23. Purwanto, M. N. (1987). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
  24. Riastuti, D.(2017).Tesis Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kenerja Guru PAI disekolah Dasar Negeri Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017. Program Pascasarjana IAIN Salah Tiga.