Peningkatan Kinerja Guru dan Keterampilan Mengajar Melalui Pendekatan Supervisi Klinis Di SD NEGERI 126/IX MUARO JAMBI

Nurasiah Nurasiah(1),
(1) universitas jambi, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pelaksanaan supervisi klinis dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan kualitatif dengan instrument yang menggunakan panduan wawancara dan praktik langsung. Adapun teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan model analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatan kinerja dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar negeri126/IX Muaro Jambi. Pembinaan guru melalui supervisi klinis dilakukan secara sistematis berkesinambungan melalui tahapan pra-observasi, observasi pembelajaran, dan pasca observasi. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru mampu bekerja secara optimal dalam melaksanakan kewajiban, tugas dan tanggung serta peranannya secara professional. Guru mampu menyusun silabus dan terampil dalam menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Melalui pendekatan supervisi klinis, guru kelas dan guru mata pelajaran mampu meningkatkan kompetensi pedagogik dalam menjalankan tugas keprofesionalannya untuk menciptakan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Keywords


Kinerja Guru, Keterampilan Mengajar, Supervisi Klinis

References


Anwar (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses

Pembelajaran Melalui Supervisoli Akademik Semester Satu Tahun

Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 41 Ampenan, Jisip.

Amirin, T. M. (2000). Menyusun rencana penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Choliq, A. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Daryanto., Rachawati,T.(2015).Supervisi Pembelajaran. Gava Media.Controlling,

Correting, Judging, Directing, Demontrasation. Yokyakarta: Gava Media.

Daryono, D., & Kusuma, N. (2019). Supervisi Akademik Dengan Teknik Klinis Untuk

Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum

Pada Sd Se- Kecamatan Gisting. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Al-Idarah, 4(1).

Efendi, S. (2019) Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Dalam Menyusun RPP

Penerapan Pendekatan Saintific Melalui Supervisi Klinis Pada SD Negeri

Segugus IV Tanjung Pati Kecamatan Harau Semester Ganjil 2018/2019.

Menara Ilmu.

Emizar.(2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif&Kualitatif.Depok:

PT.Raja Grafindo Persana.

Gianti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui

SupevisiAkademik.Schoaria..

Kemendikbud. (2018). Modul Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik dalam

Implementasi Kurikulum 13.

Korim, ((2017) Peran Guru Dan Pesert5a Didik Dalam Proses Pembelajaran

Berbasi9s Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam,3, 1.

Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. (2002). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya,

Bandung. Mujahid, A.(2017). Tesis Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam

Upaya Peningkatan KemampuanGuru Pada Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 119 Solo Kecamatan Bola

Kabupaten Wajo.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, PT Remaja Rosda karya.

Nurtanto, M.Mengembangkan Kompetensi Profesinalisme Guru Dalam Menyiapkan

Pembelajaran Berbutu. Prosiding Seminar nasiona InovasiPendidikan.

Ngaba, dkk. (2017). Pengendalian dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui9

Supervisi Klinis, 33, 1.

Nuraini, Z. (2009). Implementasi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan

prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan (Master's thesis,

UNIMED Digital Repository).

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.

Purwanto, M. N. (1987). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Riastuti, D.(2017).Tesis Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kenerja Guru

PAI disekolah Dasar Negeri Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017. Program

Pascasarjana IAIN Salah Tiga.




DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.112-120

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Sholeh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal PGSD indexed by :

  

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Publisher UNIB Press

Locations :