Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang kurang optimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 19 Kepahiang Semester I Tahun 2016 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA.. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 60% atau 12 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 90% atau 18 siswa tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa melalui pendekatan inquiri dengan memanfaatkan media gambar akan mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran IPA melalui pendekatan inquiri dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Jalius, J. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 19 KEPAHIANG SEMESTER I TAHUN 2016. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 92–94. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.92-94