Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini menggambarkan  bahwa lingkungan dapat membantu siswa dalam pemahaman tentang bagian-bagian tumbuhan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian adalah penelitihan tindakan  kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN.21 Kepahiang yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa dukumentasi yangdilakukan melalui hasil tes formaatif yang dilaksanakan dengan melihat data kegagalan dan keberhasilan. Hasil penelitian ditemukan kelemahan yang dilakukan yaitu masih melakukan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan belum memanfatkan metode bervariasi.  Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran  dan hasilnya dapat terlihat dalam tiga siklus dapat dituangkan dalam bentuk tabel. Dari  langkah-langkah yang dilakukan membuktikan bahwa lingkungan  dapat dijadikan media  yang menjadikan siswa memahami alam sekitar khususnya bagian -  bagian  tumbuhan.

Article Details

How to Cite
Martono, M. (2017). PENDEKATAN LINGKUNGANUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG TUMBUHAN BAGIANAKARPADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN.21 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 95–98. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.95-98