MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELAS IV JAKARTA BARAT

Tio Gusti Satria(1),
(1) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak kelas IV SDN Mangga Besar 01 Pagi, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, melalui Pendekatan Saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Subyek penelitian peserta didik kelas IV SD. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan pendekatan saintifik, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata prosentase siswa pada tindakan siklus I yaitu 55 %. Aktivitas guru sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 75.6 %, dan aktivitas siswa mencapai 70 %. Mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 93 %. Aktivitas guru sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 83 %, dan aktivitas siswa mencapai 80.4 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendakatan saintifik mampu untuk meningkatkan keterampilan menyimak, hal ini terkhusus pada materi ajar tema 5 Pahlawanku, subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, dan subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku. Semua itu tentunya tidak terlepas dari kemampuan masing-masing guru dalam mengkolaborasikan antara pendekatan yang digunakan, bahan ajar, dan media pembelajaran yang digunakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120

Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Tio Gusti Satria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal PGSD indexed by :

  

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Publisher UNIB Press

Locations :