Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 05 Kabawetan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan  dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca nyaring masih rendah. Melalui media potongan-potongan kata permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring melalui penggunaan media potongan-potongan kata pada siswa kelas 1 SD Negeri 05 Kabawetan tahun pelajaran 2016/2017. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini siswa kelas 1 SD Negeri 05 Kabawetan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun instrumen penilaian yang digunakan adalah tes proses dan tes akhir. Tes proses menggunakan lembar observasi aktifitas belajar siswa, lembar performance, lembar kuisioner siswa dan nilai akhir siswa menggunakan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini  terlihat dari ketertarikan siswa pada kondisi awal nilai hasil belajar 57,39,00 % menjadi 76,08,00% pada siklus I meningkat 18,69% dan menjadi 86,95,00% pada siklus II meningkat 10,86%. Pada indikator partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I 63,13% menjadi 76,73% pada siklus II meningkat 13,6%, dari pengamatan performance siswa dalam membaca nyaring pada siklus I 53,75% menjadi 82,00% pada siklus II meningkat 28,25% dan dari hasil kuisioner siswa 57,25% pada siklus I menjadi 81,5% pada siklus II meningkat 24,25%.  Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media potongan-potongan kata dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring di SD Negeri 05 Kabawetan.

Article Details

How to Cite
Susanti, B. (2018). DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POTONGAN-POTONGAN KATA DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DI KELAS I SD NEGERI 05 KABAWETAN. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 331–339. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.3.331-339