Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS untuk mencapai tujuan pendidikan IPA dikelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu setelah melaksanakan langkah plan dari lesson study; (2)menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS revisi untuk mencapai tujuan pendidikan IPA dikelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu setelah melaksanakan langkah do dari lesson study; (3) meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS di kelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu melalui langkah see dari lesson study dan; (4) meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS di kelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu melalui langkah see dari lesson study. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Lesson Study, setiap langkah Plan Do Check terdiri dari 3 tahap yaitu tahap Plan, tahap pelaksanaan do, dan tahap check. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa dan lembar tes tertulis dalam bentuk esai. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada langkah Plan Do Check I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 29,5 dengan kriteria cukup, pada langkah Plan Do Check I rata-rata skor observasi guru sebesar 38 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 38,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis nilai rata-rata kelas 58,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 35% pada langkah plan do see awal dan nilai rata-rata kelas 67,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 56% pada langkah plan do see I dan meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 85% pada langkah plan do see II.

Article Details

How to Cite
Dalifa, D. (2018). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 5 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS PBL MODEL SSCS DAN LESSON STUDY. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 232–235. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.232-235