STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIFUNTUK PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGANDAN PELESTARIAN BIODIVERSITY BAGI SISWA KELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU

Viktoria Karjiyati(1),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sikappeduli lingkungan antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dan interaktif pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen  II menggunakan model interaktif.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan Uji-t dua sample independen.Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung sebesar -0,06 lebih kecil dari pada ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sample independen diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap anatara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan inkuiridengan siswa yang menggunakan model pembelajaran interaktif. Kesimpulan dalam penelitian ini tidak terdapat perbedaan hasil belajar sikap peduli lingkungan dan pelestarian biodiversity antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model interaktif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.236-242

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Viktoria Karjiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal PGSD indexed by :

  

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Publisher UNIB Press

Locations :