Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa SD melalui penggunaan model pembelajaran interaktif.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus. . Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN 09 Kabawetan.Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu ada peningkatan  prestasi belajar siswa secara signifikan dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2 dengan rata-rata nilai yang diperoleh : pada pra siklus  dari 16 siswa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari pra siklus, siklus  1 ke siklus 2 dengan rata-rata nilai yang diperoleh : pada pra siklus  dari 16 siswa, dengan nilai rata-rata 66,25 pada pra siklus yang tuntas belajar hanya 56,25 %  atau 9 anak, sedangkan siswa yang tidak berhasil 44,75 atau 7 anak. Pada siklus 1 nilai rata-rata 68,75 meningkat yaitu siswa yang tuntas dalam belajar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 anak. Pada siklus 2 ada kenaikan yang cukup signifikan yaitu rata-rata nilai menjadi 75 sesuai dengan yang diharapkan, dengan hasil ketuntasan belajar mencapai 87,50% atau 14 anak sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 anak. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep tentang materi Kenampkan alam dan sosial negara-negara tetangga pada kelas VI SD Negeri 09 Kabawetan Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Sukamto, S. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DALAM MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 09 KABAWETAN. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 277–282. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.277-282