Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar muatan lokal mengenal potensi Bengkulu lebih dekat terhadap hasilbelajar siswa kelas IVA SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang terpilih yakni IVA sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan ganda (multiple choice) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t thitungsebesar 20,79> ttabel 2,064. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar muatan lokal mengenal potensi Bengkulu lebih dekat terhadap hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 04 Kota Bengkulu.

Keywords

Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Lebih Dekat Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.1-7

References

  1. Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Anderson, Lorin W.&Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi (Revisi VII). Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Pengembangan Program Muatan Lokal (PPML). Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Arifin, Zainial. 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Belawati, dkk. 2006. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Daryanto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.
  8. Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Giyarto. 2007. Selayang Pandang Bengkulu. Klaten: PT Intan Pariwara
  10. Hernawan, Asep Herry, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembeajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mulyasa, Enco. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Munadi, Yudhi, 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta Selatan: GP Press Group.
  14. Pemerintah Provinsi Bengkulu. 2015. Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2014. Bengkulu: Kantor Statistik Provinsi Bengkulu.
  15. Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21). Bandung: Alfabeta.
  16. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  17. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. . 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  20. Widiyanto, dkk. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Fenomena Alam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Siswa”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4, I, hlm. 5.
  21. Winarni,EndangWidi. 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  22. .2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  23. Yaumi, Muhammad,2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.