Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal, 2) metode pengajaran masih kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini, untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan metode simulasi pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang melalui penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan  tindakan, tahap observsi dan tahap refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay.Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru 27,75 dengan kreteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,25 dengan kreteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat menjadi 30,75 dengan kreteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 30 dengan kreteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 38,70% dengan nilai rata-rata 6,82. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90,32% diikuti dengan nilai rat-rata yang juga meningkat menjadi 7,95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang.

Keywords

Metode Simulasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Prestasi Belajar.

Article Details

How to Cite
Senawati, S. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 83–90. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.83-90

References

  1. Azhar, L, M. 1993. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Sinar Baru
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta
  3. Dinn Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidkan. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Djamarah, S, B. 1994.Psikologi Belajar. Jakarta: Renika Cipta
  5. Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  6. Hasibuan, J dan Mudjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
  7. Mikarsa dan Hera Lestari, dkk. 2004. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  8. Mulyana, 2003.Pengantar Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka
  9. Mulyasa, 2007.Menjadi Guru Profesional, Bandung: remaja Rosdakarya
  10. Hamalik Oemar, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara
  11. Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
  12. Wardani, 2006.PenelitianTindakan Kelas, Jakarta: Universitas terbuka
  13. Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar ProsesPendidikan, Jakarta : Kencana Prima
  14. Winataputra Udin, S. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Universitas Terbuka